Hari ini kang ari dapat motor nouvo 2007 setelah di cek ternyata v-belt putus. lalu kenapa v-belt bisa putus…? yang pasti kurang perawatan,lihat saja gambar2 dibawah ini : Kenapa Motor Matic Saat Akslerasi Awal Terasa Loncat-Loncat.

Tips Merawat Motor Matic Agar Motor Tetap Fit,,,.

P1050511
umur v-belt maksimal 24ribu km,jika dipaksa lebih dari itu hasilnya seperti ini

P1050516
sil di dudukan kampas kopling bocor,akibatnya gemuk pada keluar dan membuat kampas kopling jd selip
P1050515
sil di bos rumah roller bocor akibatnya roller cepat aus dan tenaga jadi loyo dan suaranya jadi kasar
P1050514
karena kurang perawatan,kampas kopling banyak kotoran/debu berakibat bisa selip dan kampas cepat aaus
P1050512
v-belt remuk
P1050513
v-belt remuk/hancur berantakan dan part2 lain jadi ikut rusak juga

P1050517

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. Wah, ini motor jalan berapa km Kang? Riwayat servicenya gimana? ngeri juga nih, priok sering banjir, takut aer masuk CVT

    • sudah 45ribu,baru 1 kali service cvt tp 3 thn yg lalu,sekali bongkar ganti v-belt,sil2nya,rumah roller,roller,kampas kopling totalnya hampir 1 juta

  2. masalahnya masyrakat jaman skrg msh menganggap kalau perawatan CVT kyk perawatan rantai pada motor bebek…ya mungkin fungsinya sama,yaitu sama2 meneruskan daya ke roda.

    mesti d sosialisasikan tuh tentang perawatan matik (bahkan perawatan injeksi juga harus di sosialisasikan,smpe ada Vixion dari tahun 2009 hingga 2013 gak pernah service injeksi,malah ngeluh tarikan motornya kurang oke)

      • dbengkelnya bro Ari gak ada kyak seminar tentang Perawatan Matik gt bro??
        yaa lumayan,buat mencerdaskan konsumen,soalnya jarang banget keliatannya bengkel resmi ngadain acara gt,baik merk tetangga atau merk Yamaha(ya saran aja,kalau g dlaksanakan juga no problem bro.hehe)

    • Iya, kayaknya masyarakat masih mikir kaya gitu, kayanya si karena ga tau daleman CVT itu gmn. Terutama di daerah, informasi masih terbatas, namanya ke bengkel itu cuman buat benerin doang. Kalo abis 1 juta karena ga dirawat, wah bisa nangis itu kalo saya

      • ane juga masih ragu untuk minang spd mtr matic. soale msh khawatir dgn komponen CVT dan tman2nya.. :).. berhubung lokasi ‘sawah’ ama gubug ane cukup jauh, dan medan jalan gag cukup mulus. jd ane sementara pilih bebek underbone… tapi kalo edukasi ttg perawatan motor matic gencar oleh YAMAHA, ane mau2 deh ikut..

  3. ya mtr emg prlu diperhatikan.anggp aj mlihara hwn pliharaan.kl qt pduli sm pliharaan qt tsb,dy psti ksh tmbal balik ke qt.cthnya kyk mtr rutin srvs,dy bkal ngsh jg performa maksimal ke pngendaranya.

  4. Mio soul masih aman.cuma harus sering kontrol filter udara.secara..! Jalanya nggak ada yang diaspal.berdebu coy.maklum di pelosok..! Bensine boros kang.apalagi eceran premium Rp7000,di tempatku.

    • Kita di Jakarta ini emang dimanjakan, bensin murah, bisa milih. Kalo di daerah mah pom bensin pasti kosong, udah pindah ke jerigen ato botolan, harga mah ga jauh2 dari yang disebutin mas Kurniarizky. Pengalaman waktu ke Tarakan, pulau penghasil minyak, dari jam 7 udah antri 1 km, jam 10 udah abis, cuma boleh beli 100rb per hari.

      • jadi dilema orang2 daerah terutama luar jawa,daerah penghasil minyak saja malah langka minyaknya,miris banget.

  5. Gedung meneng tulang bawang.cari di google maps,dari jalan aspal masuk 52 km.nggak popo mas.seng penting enek bensine.kalau lagi langka bisa nyampai 12.000

  6. nanya kang ari. motorku xeon 2011 km 15rb an, trasa ndut2an/getar pada wkt jalan pelan. dulu aku ganti oli dari yamalube ke shell ax7 smp sekarang, getarnya ilang. tp sekarang muncul lagi. ruteku pendek tiap harinya. selama ini cuma service biasa seh tuh motor, ganti oli jg tiap 2000an km.
    apakah penyebab getarnya itu karena mangkok cvt yg peang atau gimana ya kang? kalo harus ganti berapa harganya? kira2 ada komponen lain yg musti diganti/gak?
    makasih sebelumnya…..rencana motor mo buat mudik neh ke gombong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here