ARIPITSTOP.COM – Kali ini Aripitstop ikut dalam event Sunmori memakai motor Yamaha Fazzio 125 yang bertajuk Clan of Classy (COC) yang kini merambah ke  kota Jakarta. Sebanyak lebih dari 100 peserta yang terdiri dari konsumen, komunitas dan juga blogger nasional, ikut meramaikan jalannya acara yang berlangsung pada Minggu, 19 Mei 2024.

Acara COC yang menjadi refleksi dari gaya hidup para pengguna skutik Classy Yamaha ini menyuguhkan berbagai kegiatan menarik di akhir pekan. Seperti kegiatan city touring melintasi jalan-jalan  Jakarta yang ikonik, kompetisi pembuatan konten digital, kompetisi modifikasi, eco riding challenge, hingga workshop yang melibatkan pelaku usaha painting dan juga produk aftermarket bagi para pecinta modifikasi.

Acara COC dibuka dengan kegiatan city touring yang mengambil titik keberangkatan dari Yamaha Flagship Shop, Cempaka Putih,  Jakarta. Jalur yang dilalui pada saat city touring sendiri adalah beberapa jalur favorit  biker yang kerap melakukan sunmori, seperti Jalan Medan Merdeka, Jalan Jendral Sudirman, dan juga area Senayan, sebelum akhirnya finish di Tanatap Coffee yang ada di bilangan Matraman,  Jakarta Pusat.

Menariknya selama city touring, para blogger nasional yang berpartisipasi ditantang untuk mengikuti eco riding challenge guna mencari siapa diantara mereka yang mampu berkendara dengan konsumsi bahan bakar paling efisien dengan metode pengukuran full to full.

Dalam sesi eco riding challenge ini tak disangka Saya berhasil menjadi juara pertama, peserta yang paling irit mengkonsumsi BBM ketika menggeber Yamaha Fazzio 125. Dalam catatan yang dikeluarkan oleh panitia yang tentunya tidak diganggu gugat terutama oleh para peserta, Saya berhasil mencatatkan konsumsi BBM sebesar 102,75 km/liter.

Selama perjalanan rangkaian city touring Clan of Classy ini, saya mencoba untuk berkendara dengan bagaimana caranya agar bisa seirit mungkin motor yang Fazzio 125 yang saya tunggangi ini ketika mengkonsumsi BBM.

Memang butuh upaya yang cukup effort juga, karena disini saya harus sabar dalam mengatur ritme kecepatan motor. Saya mencoba untuk menghincari riding kecepatan di angka 0-20 km/jam, karena di kecepatan ini justru motor sedang membutuhkan Torsi yang lebih besar untuk mendorong motor agar bisa berjalan, oleh karena butuh konsumsi BBM yang lebih besar pula. Paling ideal ketika ECO Riding adalah di kecepatan 40km/jam, oleh karena itu saya selalu mempertahankan di kecepatan ini.

Kemudian Saya juga selalu menarik gas dengan cara selembut mungkin, jangan sampai menarik gas secara spontan. Selain itu juga hindari melakukan pengereman secara mendadak.

Dan tentunya mengaktifkan fitur SSS yang ada di motor Yamaha Fazzio 125 ini, fitur ini berfungsi untuk mematikan motor ketika berhenti sejenak seperti di lampu merah, sehingga motor jadi tambah irit konsumsi BBMnya.

Setelah menempuh jarak sekitar 41,1 km, dan finish di Tanatap Coffee, motor para blogger diperiksa konsumsi BBMnya, dan hasilnya tenryata saya yang menjadi juara pertama dengan berhasil mencatatkan konsumsi BBM sebesar 102,75 km/liter.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini