ARIPITSTOP.COM – Honda Malaysia belum lama ini merilis sebuah kapcay alias motor bebek baru dari varian Honda Wave Alpha, motor ini sekarang sudah berubah baik dari segi desain maupun mesin yang sebelumnya kini menjadi injeksi PGM-FI, yang menarik adalah motor ini diklaim mampu berjalan hingga 70km dengan 1 liter BBM. Kalau di Indonesia bisa disebut ini adalah Honda Revo, kok bisa?.

Bebek irit asal Malaysia ini kok bisa menjadi Honda Revonya di Indonesia?, Honda revo 110 versi AHM yakni mesin satu silinder SOHC 109,2 cc yang sesuai dengan Euro 4, ternyata spefisikasinya sama dengan Honda Wave Alpha dengan mesin ini Tenaga Maksimum diklaim 8,7 hp pada 7.500 rpm dengan torsi maksimum 8,7 Nm pada 5.500 rpm, melalui girboks empat percepatan dengan kopling sentrifugal.

Model tahun 2023 ini memiliki perubahan pada sistem penyaluran bahan bakar baru yang dulunya menggunakan sistem karburator kini telah diubah menjadi injektor PGM-Fi. Dan mesin baru ini memenuhi standar EURO4 dan memiliki rata-rata efisiensi bahan bakar 40% lebih baik.

Menurut Pengukuran Interal Honda yang didasarkan standar World Motorcycle Test Cycle (WMTC), Honda Wave Alpha mencatatkan angka konsumsi bahan bakar 1,41 liter per 100 km atau 70,9 km/liter dan angka ini naik dibandingkan Wave Alpha karburator 1,71 liter per 100 km atau 58,5 km/liter.

Dibandingkan dengan versi sebelumnya, desain dari Honda Wave Alpha 2023 lebih sporty dari Wave110i, baik dari segi desain bodi maupun corak yang dihias pada kuda besi ini. Velg dengan jenis palang tak lagi pakai velg jari-jari dengan ukuran roda depan 70/90-17M/C 38P dan belakang 80/90-17M/C 50P tubeless. Rangka Back Bone dengan sistem suspensi depan telescopic. Bagian belakang memakai double sokbreker.

Honda Wave Alpha dengan tiga Varian warna Nightfall Blue, Vivacity Red dan Clipper Yellow. Dengan harga jual yaitu 5.179 ringgit atau sekitar Rp18 jutaan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here