ARIPITSTOP.COM – Keputusan Suzuki yang keluar dari MotoGP di akhir musim 2022 membuat peta persaingan pembalap semakin pelik, dua pembalap berbakat dari Suzuki harus bisa cerdik memanfaatkan situasi yang ada dan motor yang sesuai dengan keinginan mereka. Alex Rins salah satunya, pernah digosipkan akan merapat ke Ducati bahkan dibicarakan juga soal Aprilia, namun pada akhirnya lebih memilih pindah ke Honda.

Selasa, 19 Juli 2022, tiga pihak yaitu LCR, Honda dan Alex Rins resmi mengumumkan penandanganan kontrak untuk dua musim 2023 dan 2024. Alex Rins langsung blak-blakan soal kepindahannya ke Honda, dilansir dari Motorsport.com, Alex Rins mengatakan alasan kenapa menolak tawaran Ducati.

Dengan pengalamannya saat ini dan sebagai pembalap yang mengembangkan motor, dirinya merasa harus mendapatkan motor spek pabrikan yang bisa mengoptimalkan motor. Ducati menawarkan spek motor bukan pabrikan sehingga dirinya lebih memilih bergabung dengan Honda.

“Saya takut kehilangan pekerjaan saya, atau berakhir dengan motor yang tidak kompetitif,” Rins mengakui dalam podcast ‘Tank Slappers’ di Autosport, sebelum melanjutkan cerita mengenai berbagai opsi yang tersedia untuknya dan mengapa pada akhirnya memilih bergabung dengan LCR Honda.

“Saya sangat senang karena saya tidak bisa melihat diri saya berada di atas motor non-resmi (pabrikan). Saya memiliki banyak pengalaman dan alat untuk mengoptimalkan motor, jadi saya tidak membayangkan diri saya berada di posisi untuk tampil bukan dengan motor ofisial,” ungkap Alex.

“Saya bisa saja pergi ke Ducati, tetapi di sana mereka tidak dapat memastikan saya akan memiliki motor pabrikan. Saya memahami itu dan berterima kasih kepada mereka atas tawaran tersebut, tetapi pada akhirnya saya pilih berkomitmen dengan Honda dan ini membuat saya sangat bahagia.”

Meski sudah resmi menjalin kontrak dengan Honda, Alex Rins tetap ingin membalap dengan hasil bagus bersama Suzuki sampai akhir musim 2022. Dirinya menilai motor Suzuki ini merupakan spek motor terbaik, namun sayangnya justru mereka memilih untuk pergi dari MotoGP.

“Dari sudut pandang saya, motor (GSX-RR) tahun ini adalah salah satu yang paling kompetitif yang pernah dibuat Suzuki. Balapan pertama (paruh kedua musim) di Silverstone, trek yang sangat saya sukai,” ucap Rins.

“Saya tidak sabar untuk menjajal (RC213V) Honda, tetapi pertama-tama saya ingin mencoba berjuang naik podium lagi dan memenangkan bebeberapa balapan lagi bersama Suzuki,” ia menambahkan.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here