ARIPITSTOP.COM – Nasib sial kembali dialami oleh Alex RIns, pekan sebelumnya balapan di Mugello terjatuh akibat bertabrakan dengan Nakagami dan balapan di Catalunya justru lebih tragis karena ditabrak oleh Nakagami dan tulang tangannya mengalami keretakan. Selain marah ke Nakagami, Alex Rins justru lebih marah ke FIM Stewards yang justru membiarkan Nakagami tidak dikenakan sangsi.

Untuk  kedua kalinya Rins dan Nakagami bersenggolan musim ini, sebelumnya terjadi di Mugello, Italia, di mana Rins jatuh dan gagal finis pula akibat insiden itu. Usai balapan di Mugello, FIM Stewards tak menjatuhkan hukuman pada Nakagami, begitu pula usai balapan kali ini. Hal ini pun membuat Rins sangat geram.

Nakagami yang start ke-12, merangsek ke depan, tapi ban depannya selip di Tikungan 1. Ia terjatuh dan motornya menghantam Rins. Selain itu, kepalanya juga membentur keras ban belakang motor Ducati milik Pecco Bagnaia, sehingga runner up MotoGP 2021 itu juga ikut gagal finis. Baik Rins maupun Nakagami dilarikan ke rumah sakit.

Meski kesal pada kecerobohan Nakagami, Rins menyatakan bahwa dirinya jauh lebih kesal lagi pada FIM Stewards, yang dipimpin oleh MotoGP Legend sekaligus juara dunia GP500, Freddie Spencer. Menurutnya, mereka tidak tegas dan inkonsisten. Rider Spanyol ini bahkan menuntut FIM Stewards diganti.

“Saya harap Taka baik-baik saja, karena saya melihatnya di rumah sakit dengan wajah yang sangat kesakitan. Namun, ia tak bisa terus-terusan berperilaku seperti ini. Ia tak bisa berkendara seperti ini. Dalam aksinya, ia sudah kelewatan. Motor Taka menyenggol saya, dan saya terbang, jatuh dengan keras,” ungkap Rins kepada Crash.net.

“Pergelangan tangan kiri saya patah. Saya tak bisa leluasa menggerakkannya. Jelas saya cidera. Kami berkendara 350 km/jam dan ini bukan main-main. Taka berkendara dengan berbahaya. Jika ada rider yang dekat sedikit, jelas ia akan menyenggol. Ia juga mengerem sangat lambat dan hingga ban depannya selip. Jadi, sudah jelas kan?” lanjutnya.

“Sungguh tak bisa diterima dan tak masuk akal melihat Race Direction, FIM Stewards, berkata ‘tak ada tindakan lebih lanjut’ soal apa yang terjadi dalam balapan. Kali ini mereka kembali membuktikan bahwa Stewards ini tak berada di level MotoGP. Sudah jelas saya akan mendorong perubahan Stewards,” ujar Rins.

“Pasalnya, terlepas dari insiden di Mugello, kini saya cedera. Seorang rider merenggut kans saya memperebutkan gelar, begitu juga kans Pecco. Pecco tadinya memperebutkan gelar dan saya rasa tak lagi tahun ini. Mereka harus berubah. Tiga orang Stewards yang ada di sana. Mereka tak bekerja dengan baik!” pungkasnya.

sumber: Crash.net, Bola.net

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here