ARIPITSTOP.COM – Marc Marquez tengah melaju kencang pada kecepatan tinggi di Tikungan 7, ketika highside kemudian membuatnya sampai terpelanting dari Honda RC213V yang digebernya. Motor bahkan terlihat hancur saat menghantam gravel trap. Akibat kecelakaan ini, Repsol Honda secara resmi mengumumkan bahwa Marc Marquez kembali mengalami cidera diplopia alias penglihatan ganda pada mata kanannya.

Kecelakaan Marquez tersebut adalah yang keempat sepanjang pekan balap di sirkuit Mandalika, namun yang paling besar karena ia terlempar dari motor dan terjatuh keras di aspal. Setelah dibawa ke Medical Center, ia dilarikan ke Rumah Sakit Mataram dengan helikopter. Ia kemudian didiagnosa mengalami gegar otak dan disarankan tak ikut balapan.

Repsol Honda Team merilis pernyataan resmi, bahwa diplopia (penglihatan ganda) Marquez yang sempat dideritanya akhir November lalu, kembali kambuh setelah tiba di Spanyol. Pemakai nomor #93 itu bahkan sampai melakukan kunjungan darurat ke sebuah rumah sakit di Barcelona, untuk menemui dokter mata terpercayanya, Dokter Sanchez Dalmau.

Belum diketahui apakah cidera ini akan mengancam partisipasinya di MotoGP Argentina pada 1-3 April nanti di Termas de Rio Hondo.

Perihal masalah penglihatan ganda ini pernah diderita Marquez ketika crash pada akhir pekan Moto2 Malaysia di Sirkuit Sepang pada 2011 silam. Insiden tersebut sampai mengancam kelanjutan karier balapnya, tetapi untungnya dapat teratasi dengan baik. Cedera ini pun kambuh pada Oktober 2021 usai ia terjatuh di Spanyol saat latihan enduro. Akibatnya, Marquez dilarang berkendara selama tiga bulan dan baru diizinkan latihan motor lagi pada pertengahan Januari 2022.

“Evaluasi neuro-oftalmologi yang dilakukan terhadap Marc Marquez pada hari Senin setelah cedera kepala yang terjadi di Grand Prix Indonesia, menunjukkan episode baru diplopia yang disebabkan oleh kambuhnya kelumpuhan saraf kanan keempat, dengan keterlibatan yang lebih sedikit daripada yang sebelumnya terjadi pada cedera pada November 2021,” tutur Dokter Sanchez Dalmau.

“Setelah pemeriksaan ini, awalnya diputuskan untuk mengikuti perawatan konservatif dengan tes medis berkala. Minggu depan, Marc Marquez akan menjalani pemeriksaan baru untuk mengevaluasi evolusi cedera dan memprediksi perkiraan periode pemulihan untuk kembali ke kompetisi.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini