ARIPITSTOP.COM – Motor listrik mau tidak mau harus kita terima di masa depan, bahkan saat ini hampir semua pabrikan otomotif sudah bersiap-siap untuk mulai bertransmigrasi merubah produksi motor bakarnya menuju motor listrik. Akan tetapi masih ada perdebatan di kalangan pecinta otomotif perihal motor listrik yang dikatakan bisa menjadi sumber kecelakaan, pasalnya motor listrik tidak memiliki suara yang bisa mendeteksi keberadaannya akibat suaranya yang senyap. Namun kini para pabrikan sedang mengembangkan motor listrik yang bisa mengeluarkan suara layaknya motor bakar, dan tak ketinggalan Yamaha juga mengembangkan fitur ini.

Salah satu perbedaan paling signifikan antara motor listrik dengan motor bermesin konvensional adalah suara yang dihasilkan. Kalau motor listrik bersuara senyap alias hanya bersuara desing “ngiiiing…” itupun dengan volume yang rendah, beda dengan motor bakar yang bersuara keras menyesuaikan pembakaran di motor tersebut, bahkan banyak pengguna motor yang sengaja memakai knalpot after market agar suara motornya menjadi lebih kencang lagi.

Selain tidak menghasilkan polusi udara, motor listrik juga tidak menimbulkan polusi suara. Namun, di sisi lain, kondisi tersebut juga berdampak negatif. Tidak sedikit yang bilang jika motor listrik bisa menjadi sumber kecelakaan akibat senyapnya motor listrik, pengendara lain tidak mengetahui keberadaan motor listrik tersebut.

Yamaha tengah mengembangkan teknologi dimana kendaraan listrik miliknya akan mengeluarkan suara sesuai emosional kendaraan listrik tersebut. Teknologi ini oleh Yamaha diberi nama Alive, Untuk menemukan solusi terbaik, para insinyur pengembang alat tersebut bereksperimen dan mencari tahu suara & nada mana yang paling baik bergema saat pengendara/pengemudi buka tuas gas, dan bagaimana suara dari kotak generator ini dapat diintensifkan oleh rangka dan komponen kendaraan.

Yamaha berupaya membuat suara powertrain yang menyampaikan pembentukan alami dan membangkitkan emosi pengemudi di semua jenis suasana berkendara.
Perangkat Alive AD (acoustic design) menggunakan unit kontrol dengan prosesor audio LSI bawaan untuk menyesuaikan dan menyetel suara motor listrik, memberikan pengalaman aural yang menarik untuk kabin kendaraan melalui speaker khusus.

Nach disini bisa kita ketahui jika kendaraan listrik kedepannya tidak akan senyap seperti yang kita bayangkan saat ini, karena bukan hanya Yamaha saja, pabrikan lain juga sedang mengembangkan teknologi yang sama. BMW Motorrad bekerja dengan Hans Zimmer untuk mencoba pendekatan yang berbeda. Selain itu, Kymco juga sudah melakukan hal serupa pada motor listriknya, RevoNEX dan Ionex.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini