ARIPITSTOP.COM – Yamaha Eropa secara resmi mendaftarkan desain paten dari motor konsep Yamaha E01 yang sebenarnya motor ini sudah dipamerkan di pameran motor Tokyo Motor Show 2019. Namun belum diketahui kapan motor listrik ini akan resmi diproduksi massal mengingat proses pendaftaran desain paten di Eropa baru dilakukan.

Yamaha diketahui mengajukan merk dagang untuk skutik listriknya ke European Union Intellectual Property Office (EUIPO). Mendaftarkan merk dagang ke EUIPO membuktikan kalau produk anyar itu sedang ditinjau. Dikirim oleh Yamaha pada 5 Februari 2021, dan diterbitkan pada 15 Februari 2021.

Sejauh ini EUIPO mengizinkan pihak lain untuk mengajukan keberatan atas merek dagang dalam jangka waktu tiga bulan. Berarti info penolakan ditunggu hingga April 2021. Jika semuanya berjalan lancar, pabrikan asal Iwata dapat menggunakan papan nama E01. Selain pada sepeda motor listrik, suku cadang serta perlengkapannya juga termasuk di dalamnya. Berlaku mulai 17 Mei 2021, dan seterusnya.

Yamaha E01 jika melihat data spesifikasi dari website resmi Yamaha, dikatakan motor ini akan bertenaga setara dengan motor matic 125cc. Motor ini diinfokan memakai tanaga DC brushless motor dengan berpendingin udara, melihat ukuran dimensinya 1,960mm×810mm×1,190mm cukup besar seperti ukuran Maxi Yamaha.

Tengok saja desainnya, motor ini memiliki tampilan muka yang cukup khas dengan Maxi Yamaha, mulai dari bodi, headlamp, hingga setang dan covernya. Kemudian joknya dibuat memanjang hingga menutupi bodi belakang. kesan sporty terlihat pada motor ini karena hilangnya bagian sepatbor yang digantikan mudguard.

Pijakan kaki bentuknya tidak beda jauh dengan NMax yang dipasarkan sekarang. Posisi duduk jadi lebih santai dan kaki bisa terjulur lurus ke depan ketika berkendara. Belum ada info resmi lanjutan dari Yamaha mengenai produk ini, kita tunggu saja kehadirannya.

Advertisements

9 KOMENTAR

  1. Mudguardnya krg panjang,harusnya sampai ke ujung ban biar tdk ada kotoran yg nyiprat ke sirip pendingin dibawah jok…kalo kotor ribet bersihinnya

  2. Wak Ari, pernah ketemu motor yamaha perkabelan nya putus karena tergesek-gesek body?

    Kok saya sering ketemu dan banyak y, Mio Series, mio J, Xeon RC, Xeon GT? nyebelin bener

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here