image description

ARIPITSTOP.COM – Menurut data yang dikeluarkan oleh AISI penjualan motor di bulan Januari 2018 mengalami kenaikan dibandingkan periode yang sama di tahun 2017. Penjualan motor pada Januari tahun lalu 473.879 unit sedangkan penjualan motor Februari 2018 naik menjadi 482.537 unit. Motor matic masih menguasai penjualan keseluruhan tipe hampir 84%.

Hal ini dibuktikan dengan torehan wholesales (penjualan pabrik ke dealer) jenis matic mencapai 403.324 unit. Angka tersebut sama artinya dengan menguasai pasar roda dua yang tercatat 83,58 persen. Yap, motor matic terus menggerogoti segmen sport dan bebek, lalu bagaimana dengan penjualan motor bebek ?, meskipu mnueurn namun motor bebek tetap dilirik oleh konsumen Inodnesia. Hal ini terbukti dengan terjualnya sepeda motor jenis bebek yang tembus 39.680 unit atau menyumbangkan 8,22 persen dari model sepeda motor yang ada.

Dari motor bebek yang paling laris adalah Honda Revo yang di bulan Januari 2018 mampu terjual hingga 13.315 unit sedangkan posisi ketiga ada Supra X yang terjual 7.319 unit.

Sedangkan bebek 150 cc dipimpin oleh MX King yang terjual 6.011 unit sedangkan kompetitornya hanya terjual 1.780 unit.

Lalu di motor ayam jago tenryata Satria FU lebih unggul dibandingkan Sonic 150R, Satria mampu terjual 2.425 unit dibandingkan Sonic yang terjual 2.341 unit.

Berikut daftar motor bebek terlaris bulan Januari 2018 :

  1. Honda Revo 13.315 unit
  2. Honda Supra X 7.319 unit
  3. Yamaha MX King 6.011 unit
  4. Yamaha Jupiter 3.146 unit
  5. Suzuki Satria FU 2.425 unit
  6. Honda Sonic 2.341 unit
  7. Honda Supra GTR 1.780 unit
  8. Yamaha Vega 1.688 unit
  9. Honda Blade 1.227 unit

13 KOMENTAR

  1. Ijin share Kang, lumayan buat wawasan bagi yang belum tahu hehee :mrgreen:

    Untuk dimesin FUFI dan GSX-R/150 11:12 sama tapi GSX-R/S 150 yang paling powerfull dan sementara itu untuk BASIC mesin nya dari Suzuki FXR 150.

    Soal Design (Masalah Selera Pribadi Masing2).

    Btw berikut kelebihan FUFI yang belum terpublikasi :

    Harga “Spare Parts” FUFI paling murah meriah di kelasnya, bahkan dgn FU Karbu sekalipun dan kualitas “Spare Parts” FUFI di atas rata2 bila dibandingkan milik kompetitor.
    FUFI Menggunukan biji plastik yang berkualitas di atas rata2.
    FUFI menggunakan“Cat”kualitas terbaik dikelasnya atau paling bagus.
    FUFI menggunakan “Big Size Radiator” (Dimensi/Ukuran) terbesar dikelasnya.
    FUFI mengunakan “Dual Oli Filter” sedangkan milik kompetitor hanya 1 (Satu) saja.
    FUFI menggunakan “Big Per Kopling” terbesar dikelasnya yang sebanyak 5 (Lima) buah, sedangkan milik kompetitornya yang hanya 4 (Empat) buah saja.
    FUFI ada “BAGASI” minimalis di depan, sedangkan kompetitor tidak ada sama sekali.
    FUFI menggunakan “Velg” buatan “ENKEI” yang kualitasnya jauh di atas rata2 dgn “Velg” milik kompetitornya.
    FUFI menggunakan teknologi “SALCS” (Suzuki Advanced Lubrication and Cooling System).

    Penjelasan : SALCS adalah teknologi sistem pelumasan yang berfungsi mengurangipanas dan gesekan mesin. Sehingga mesin lebih tahan terhadap serangan panas meskipun di geber terus menerus dan dengan teknologi SALCS komponen mesin seperti piston, ring piston dan dinding silinder akan lebih awet.

    Dan Teknologi “SALCS” terdapat juga pada crankcase berupa nosel pelumas yang berfungsi menyemprotkan pelumas ke dinding silinder, tidak seperti halnya motor – motor pabrikan tetangga yang mengandalkan gayungan kruk-as untuk melumasi silinder.
    Contoh Pict : intip.in/4qc0

    FUFI menggunakan teknologi : “SAPECS” (SUZUKI Advanced Power Engagement Clutch System).

    Penjelasanya : Jika anda pengedara motor yg teliti, pastilah anda merasakan kehalusan perpindahan antar gigi perseneling pada motor SUZUKI dibandingkan dengan motor pabrikan tetangga.

    Pada motor SUZUKI perpindahan gigi perseneling nyaris tanpa hentakan, coba anda bandingkan dengan motor pabrikan tetangga, pasti hentakan perpindahan gigi persenelingnya sangat terasa, salah buka throttle gas sedikit saja roda depan pasti terangkat.

    FUFI menggunakan “Big Size Box Filter” terbesar di kelasnya.
    FUFI sudah berteknologi cylinder “SCEM” (Suzuki Composite Electrochemical Material), yang juga terdapat di motor ‘Big Bike’ Suzuki seperti “Hayabusa”.
    Penjelasan : silakan search di Google! soalnya panjang kalau di ceritakan.
    FUFI sudah mengusung teknologi “LEaP” (Light, Efficient and Powerfull).
    Penjelasan : Dengan Konsep desain mesin (Engine) ringan, efisien dan tenaga besar di peroleh dengan cara :
    Mengurangi kerugian kerja mekanik di dalam mesin
    Mengurangi kerugian gesekan antar komponen mesin
    Mengurangi kerugian pada kerja pemompaan (pumping loss)
    Dipadu dengan material komponen pilihan (berkwalitas) untuk mengurangi bobot kendaraan.
    FUFI menggunakan ‘Katup’ “Big Size Throttle 32mm” terbesar dikelasnya, yg bernama “TPS” (Throttle Position Sensor) teknologi.
    Penjelasan : Volume udara yang melewati Throttle Body berhubungan erat dengan putaran mesin per menit (Rpm). Semakin terbuka katup throttle maka akan semakin tinggi pula putaran mesin.

    Jika ada yang bilang semakin besar Throttle body maka semakin besar pula konsumsi bahan bakarnya itu salah besar, karena di throttle body telah ada sensor yang mengukur volume udara yang masuk atau melewati throotle body “TPS” (Throttle Position Sensor), sehingga sensor akan melaporkan banyaknya volume udara yang masuk ke ECM/ECU.

    Dan ECU/ECM akan memerintahkan nosel untuk menakar volume bahan bakar yang akan disemprotkan ke intake manifold atau klep masuk.

    FUFI menggunakan piranti Parts “BYBRE” yaitu adalah Parts anak perusahaan “BREMBO”, ya, untuk piranti pengereman roda depan dengan jumlah 2 (Dua) piston. Sedangkan piranti pengereman roda belakang adalah “TOKICO”.
    FUFI terdapat ada “Alumiunium Foil” di Body plastik samping kiri dan kanan (Dekat Dgn Engine) itu terdiri dari 2 sisi yang pertama Alumunium Foil digunakan untuk menangkap panas/kalor, sementara bagian keduanya punya fungsi melepas dan menyebar panas ke area sekitar (makanya sering digunakan untuk kegiatan masak, supaya matangnya merata)! Nah, Kenapa dipasang di bagian dalam sayap samping 1

    IMHO, Ini bertujuan agar plastik sayap tersebut (yang kena hawa panas ekstrim secara langsung) bisa menyerap-melepas-menyebar panasnya lebih cepat ! Ini juga bisa disebut sebagai tindakan preventif terhadap kasus plastik “meleot” atau meleleh gitu tuh Brosist! Selain itu, Fungsinya juga agar kaki sang rider nggak “mateng” karena panasnya bakal disebar !Wah, detail juga yak Suzuki ini ? :mrgreen:

    FUFI menggunakan Rantai Seal O-Ring!
    Penjelasan : Seal O-Ring berguna untuk menahan pelumas yang sudah ada di bagian sambungan sejak rantai itu diproduksi, selain itu, dari logika saja, kita bisa tahu juga kalau Seal O-Ring berguna untuk memperkuat rantai dari beban berat, dan bisa memperpanjang usia rantai.

    Udah gitu, rantai yang menggunakan Seal O-ring juga biasanya lebih senyap dibanding rantai-rantai yang tidak menggunakan Seal O-Ring. Ya!! sederhana aja lah, ada gak moge yang gak pakai rantai O-Ring? 95 persen pakai O-Ring bahkan X-Ring! Kenapa? Karena moge punya bobot yang berat, torsi yang kejam, dan kinerja mesin yang di atas rata-rata, kira-kira itulah framework nya masbro.

    Sebenarnya masih banyak lagi teknologi SUZUKI (FUFI) yang kurang terpublikasi seperti Sensor2, oleh sebab itu saya berupaya untuk memberikan informasi seluas – luasnya….
    Mohon maaf jikalau ada yg salah ketik text.
    Terutama kepada Admin blog ini dan PT SIM atau PT SIS.

    Sekian dan terima kasih!. :mrgreen:

    (Bikers Indonesia). Salam Damai Brosist!

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini