image description

touring-honda-11

Sabtu 21 november 2016, pagi hari jam 07.30 WITA para blogger sudah berkumpul siap untuk melakukan perjalanan touring dari Depansar ke Banyuwangi tepatnya di pantai Boom tempat diadakan acara Honda Bikers Day 2016. Ada 24 peserta blogger yang ikut menikmati perjalanan di pegunungan serta pesisir pantai di pulau bali menggunakan motor Honda Supra GTR150, Sonic 150R dan CB150R.
honda cengkareng

touring-hbd

Start dari Astra Honda Bali di kota Denpasar para rombongan akan menikmati rute perjalanan melalui jalan utara via jalan pupuan menyusuri alam pegunungan di pulau bali. Sekitar jam 8 pagi waktu indonesia tengah para rombongan membelah jalanan kota Denpasar untuk menuju pemberhentian pertama di Bajra -Kekeran, tempat ini merupakan titik point yang biasa digunakan oleh petouring untuk beristirahat sejenak yang berjarak sekitar 72,5km dari denpasar yang memakan waktu sekitar 2jam perjalanan.

touring-honda-5

Membelah kota Denpasar di sabtu pagi hari ternyata jalanan tidak begitu padat justru cenderung lancar, suasan kota bali memang sangat berbeda dengan daerah lain, disepanjang perjalanan menikmati bangunan khas bali yang berbentuk seperti pura, dan pastinya melewati begitu banyaknya pura di sepanjang perjalanan. Di setiap perjalanan menuju pinggir kota denpasar banyak juga yang lapak2 yang menjual perlengkapan sembahyang masyarakat bali yang didominasi oleh umat beragama Hindu, yap… inilah beragam budaya di indonesia tercinta. Perjalanan ini saya memakai Supra GTR, perjalanan yang nyaman sambil menikmati operan gigi Supra GTR yang nyaman.

touring-honda-4

Perjalanan dari denpasar hingga sampai pertigaan jalan antosari menuju pupuan, saya selalu dibelakang dua blogger fenomenal mas iwb dan mas tmcblog, duch…. dikentutuin mulu. Pertigaan ini merupakan jalur pemisah antara jalur selatan menuju gilimanuk yang akan melewati jalur utara. Jika perjalanan melewati jalur selatan memang lebih cepat namun kita akan berhadapan dengan banyaknya truk yang berlalu lalang, berbeda jika kita melewati jalur utara via jalan raya pupuan, kita bisa menikmati eksotiesme keindahan alam di pulau bali. Di jalan ini didominasi jalanan berliku2 dan menanjak namun tooring ini serasa nyaman ketika motor yang kita pakai ternyata nyaman untuk meliuk2 membelah alam pedesaan di bali.

touring-honda-3 touring-honda-2

Perjalanan di pupuan ini kita memang harus ekstra hati2, selain jalanan yang berkelok tenryata banyak hewan yang suka melintas di jalanan terutama anjing, bahkan monyet2 juga pemandangan menakjubkan di sepanjang perjalanan di tengah pulau bali ini, monyet2 ini seperti sudah terbiasa dengan warga sehingga tidak mengganggu para biker yang lewat. Sampai di titik point pertama yaitu Bajra -Kekeran sekitar jam 10an, kita istirahat sekitar 15 menit lalu melanjutkan perjalanan ke titik pemberhentian kedua di seririt tepatnya di pure Agung Pulaki yang lokasinya tepat di bibir pantai.

img-20161120-wa0019

img-20161120-wa0018

Dari Bajra -Kekeran menuju jalanan pantai utara di bali ini didominasi jalanan menurun, hem… disini pengereman Honda Supra GTR diuji… lebih sering memakai rem depan yang pakem dan sesekali pakai rem belakang. Begitu memasuki jalan utara di pulau bali ini kita dimanjakan dengan jalanan lebar dan kondisi jalanan yang tidak begitu ramai dibandingkan jalur selatan, bahkan kita bisa mengeksplore power motor disini. Namun disini kita touring menikmati perjalanan indahnya pulau bali sehingga kita tidak perlu kebut2an… Dari bubunan sampai pure Agung Palaki tidak memakan waktu yang lama tak sampai dua jam kita sudah sampai. Yang perlu kita waspadai di jalanan utara ini jika melewati area padat pemukiman kita harus ekstra hati2 karena banyak masyarakat yang sedang melakaukan kegiatan peribadatan bro… so… keep safety riding serta menghormati masyarakat sekitar.

touring-honda-6touring-honda-9

Sampai di pura Agung Pulaki kita rehat  sambil menikmati indahnya pantai pulaki yang dimoninasi dengan tebing tingggi tepi pantai, bener2 pemandangan yang eksotis. Di sepanjang pantai utara bali ini merupakan masuk kawasan hutan lindung sehingga pemandangannya begitu keren bro…. Perjalanan di lanjutkan menuju pelabuhan Gilimanuk menyebrang ke pelabuhan ketapang banyuwangi yang selanjutnya berakhir di pantai Boom. Di gilimanuk para peserta touring menikmati sanatap siang Ayam Betutu di pehemepeh, masakan khas bali yang pedes banget bro…

touring-honda-hbd

Selesai makan siang, rombongan touring Supra GTR, Sonic 150R dan CB150R berlanjut masuk ke palabuhan gilimanuk, motor satu persatu masuk perut kapal yang akan menyeberangkan kita menuju ketapang.

touring-honda-8 touring-honda-7

Sampai di ketapang jam 1 siang WIB, yap… perbedaan waktu sudah berganti dari WITA ke WIB, tak terasa perjalanan touring para Blogger berakhir di pantai Boom banyuwangi yang hanya memakan waktu sekitar 20 menit dari pelabuhan ketapang. Para blogger sampai dengan selamat tanpa kendala.