new vixion advance gp (22)

Kaget ketika membaca artikel dari detik.com dimana dikabarkan laba Yamaha secara global mengalami penurunan yang cukup lumayan. Penurunan laba sudah pasti akibat anjloknya penjualan motor Yamaha terutama di asia dan amerika.

honda cengkareng

Yamaha melaporkan penjualan bersih untuk unit motor di seluruh dunia selama kuartal pertama tahun 2016 turun 7,3 persen menjadi 229,8 miliar yen (Rp 28 triliun). Laba operasi juga anjlok 34,6 persen menjadi 7,6 miliar yen (Rp 933 miliar). Sebagai perbandingan selama tahun 2015 lalu, Yamaha membukukan penjualan bersih Rp 122,5 triliun dari penjualan motor dengan laba operasi mencapai Rp 3 triliun.

Nach angka penurunan diatas akibat beberapa negara Amerika Utara dan Eropa turun karena adanya faktor pengurangan distribusi produk dan rencana peluncuran produk baru. Indonesia mengalami penurunan yang cukup signifikan namun ada tiga negara di asia seperti india, filipina dan vietnam yang justru mengalami kenaikan penjualan namun secara global sesuai data diatas bahwa Yamaha mengalami penurunan laba.

Di indonesia sendiri Yamaha mengalami penurunan yang signifikan, dari data AISI diperoleh penjualan Yamaha dari bulan januari hingga april tahun 2015 menunjukkan angka hingga 682.133 unit sedangkan di tahun 2016 periode yang sama mengalami penurunan yang signifikan, 479.933 unit artinya Yamaha Indonesia mengalami penurunan penjualan motor hingga 30%.

Dari tabel dibawah ini menunjukkan penjualan Honda dibilang stabil, sedangkan kawasaki juga mengalami penurunan namun suzuki naik meski sedikit dan TVS jika penjualannya seperti ini bisa jadi akan segera hengkang dari indonesia.

aisi april 2016

Advertisements

10 KOMENTAR

  1. Tpi pnurunan laba sih..wong biayanye dah ketutup semua brti..masih siiiippp laaahh..kayak biasanye bsa nabung 500rbu tpi skrang jdi 475rbu..ane tdi malem ngimpi nva kangg :p

  2. Masa 4bulan pertama dibandingin dengan 1th ?
    Lagian untuk negara2 utara awal tahun kan masih musim dingin wajar kalo penjualan turun

  3. kalo yg global pembanding 3 bulan awal dengan setaun penuh dibagi 4 di tahun sebelumnya nggak apple to apple om.. ada faktor peak season pembelian motor karena event atau ibaratnya kalo di indonesia menjelang masuk sekolah, belum memperhitungkan musim (panas, dingin, gugur, semi) yang tentunya berpengaruh (misal awal taun dingin orang juga males mau beli motor, pas panas baru beli)..

    kalo data yg indonesia mungkin bener..

    ini masih dari kacamata awam lho, belum kalo analisis statistik maupun ekonom pasti beda lagi.. 😀

  4. kalo dengan cara gini, nanti bikin artikel perbandingan laba penjualan di peak season (pas taun ajaran baru) dengan perbandingan setaun dirata-rata, wah melonjak dong! :mrgreen:

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here