surat pembaca warga terganggu lampu putih menyilaukan

Lampu putih menyilaukan ? kalau membaca dari surat pembaca yang dishare oleh sijidewe yang berasal dari harian kedaulatan rakyat ini memang belum spesifik yang dimaksud dengan lampu putih itu pakah LED atau HID tanpa proyektor.

Lampu putih ? padahal trend motor sekarang memakai lampu putih LED, kalau produkbaru belum LED dibilang masih kuno padahal meskipun dibilang kuno tapi bohlam nyala warna kuning itu tembus kabut jadi aman kala ada hujan turun, memang sich sinarnya nggak seterang lampu LED. Lampu LED dinilai hemat konsumsi listrik sehingga pabrikan sekarang lebih menyukai LED karena daya listrik bisa digunakan untuk yang lain.

Lampu putih menyilaukan ? sebenarnya lampu LED juga menyilaukan apalagi saat menyalakan lampu jauh, LED saja masih dinilai silau palagi yang HID. Penggunaan lampu LED di indonesia juga belum diatur di indonesia jadi para pabrikan masih leluasa dengan menerapkan lampu LED, keberadaaan lampu LED ini sudah pernah saya tanyakan oleh salah satu petinggi ATPM bahwa beliau mengatakan lampukalau lampu LED di indonesia belum diatur seberapa besar tingkat pencahayaannya seperti di luar negeri yang sudah mulai mengatur keberadaaan lampu LED.

Kalau lampu HID yang ada dijual accesories memang sebagian menyilaukan bahkan sangat menyilaukan. Mesti ada sosialisasi nich agar masyarakat bisa tahu perbedaan lampu LED dengan lampu putih yang lainnya.

1 KOMENTAR

  1. Prodak ahm banget kui. Emang silau kog … Pabrikan mung mikiri untung tok. Sma skali gk mikiri pengguna dalan liane.mending nak padang .wis kreyip2 lampune ndangak maneh.

  2. Scoopy baru, cb150 gen awal dan cb150 gen2. Gen awal rata2 lampunya ndangak.
    Vario 125 gen awal & mio m3 biasanya juga ganti lampu putih. Jan tobat orang2 Jogja. Saya juga warga Jogja

  3. Yang bikin silau sebenernya bukan warna lampu ato intensitas cahayanya, tapi arah pancarannya. Yang ngeselin itu kalo ada biker pasang high beam terus. Enak di dia, nyelakain yang lain.
    Apa lampu warna putih ngelanggar UU lalu lintas? Engga tuh. Liat bagian penjelasan pasal 48 ayat 2 huruf (a) poin (i), disitu ada penjelasan kalo lampu utama itu warna putih atau kuning muda.

    • Setuju, mau lampu bohlam yg warna kuning juga silau kalau sorot lampunya keatas bukan kebawah / aspal. Banyak yg lebay menyalahkan lampu warna putih nih, gara2 bikers dungu yg modif pake lampu HID tanpa setting ketinggian sorot lampunya lagi kah ?

  4. “Lampu LED di indonesia belum diatur seberapa besar tingkat pencahayaannya seperti di luar negeri.”

    Ya tinggal ikutin aje standard diluar. Jangan mentang2 belom ada aturan maen dibikin silau supaya ga dibilang kuno. Begini aja dibuat repot. Hwehwehwe.

  5. Lampu putih juga di perbolehkan uu no 22 tahun 2009,
    Lamou utama berwarna kuning muda atau putih.

    Kalau yang menyilaukan tau sendiri lah, merk apa. Pasti itu, banyak yang komplen lampu terlalu tegak.

  6. yang merasa headlampnya dangak siapa hayoo..
    klo nggak salah produk h**** kebanyakan dari matic sampai sportnya
    si beat yg lmpu bohlam aja. bussett ampubn dahh…
    N_MAX headlamp se gede gaban masih adem

  7. Sekedar tambahan referensi dari sisi regulasi (dasar hukum) soal lampu pada sepeda motor:
    Peraturan Pemerintah No 55 Thn 2012, ini link utk download
    http://www.hukumonline.com/pusatdata/detail/lt4fcdd63a00e84/node/28/pp-no-55-tahun-2012-kendaraan

    Kutipan:
    21) Pasal 24 ayat 2, Sedangkan untuk sepeda motor harus dilengkapi dengan lampu utama dekat dan lampu utama jauh paling banyak dua buah dan dapat memancarkan cahaya paling sedikit 40 M ke arah depan untuk lampu utama dekat dan 100 M ke arah depan untuk lampu utama jauh.

    22) Dan apabila sepeda motor dilengkapi lebih dari 1 (satu) lampu utama dekat maka lampu utama dekat harus dipasang berdekatan.

    23) Hal ini diperjelas lagi dalam pasal 70 PP 55 2012 yang menerangkan bahwa daya pancar dan arah sinar lampu utama -harus lebih dari atau sama dengan 12.000 (dua belas ribu) candela.

    – See more at: http://www.gilamotor.com/2013/12/pasang-lampu-hid-kenali-macam-dan-hukumnya/#sthash.IdClkPKe.dpuf

  8. Kayaknya ada deh Led yang warna oren, kayak senter guwe….yang penting arahnya. Tp rata2 skarang emang merek H arah lampunya keatas…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini