wpid-ahm_-1-1-jpg1

Total market share nasional pada Oktober 2014 tercatat 675.652 unit atau melemah 4,4% dibanding penjualan pada September 2014 yang tercatat 706.938 unit. Dari total penjualan sepeda motor nasional tersebut, AHM menggenggam pangsa pasar 67% melalui penjualan sepeda motor Honda di berbagai segmen yaitu sebanyak 452.508 unit ini secara nasional. Lalu bagaimana di daerah ?.

Di jawa tengah tercatat mengkonsumsi motor paling banyak keempat secara nasional sudah pernah saya bahas (klik disini).

1. Jawa barat dengan penjualan motor 3.738 unit motor dalam satu hari saja, provinsi dengan penduduk paling banyak di indonesia ini menyumbang penjualan sekitar 16,99% dari total market motor di indonesia.

2. Jawa Timur, penduduk jawa timur setiap harinya mamu membeli motor sebanyak 3.729  unit motor angka ini ternyata menyumbang 16,95% dari total penjualan motor di indonesia.

3. DKI jakarta menyumbang penjualan motor terbanyak ketiga, dealer motor se-DKI dalam sehari mampu menjual motor sebanyak 3.104 unit angka tembus sekitar 14,11% dari total penjualan motor di indonesia…pantesan di DKI keberadaan motor ruang lingkupnya semakin dibatasi bahkan sudah pasti jalanan protokol di DKI tidak boleh di lewati motor dengan alasan keselamatan dan mengurangi kemacetan.

Yang keempat giliran jawa tengah yang terbanyak,

Sukamto Margono, Marketing Region Head PT Astra International Tbk-Honda, menyebut sebagian besar motor yang berkeliaran di Jawa Tengah adalah motor Honda “Kalau periode Januari sampai Oktober 2014, market share Honda di Jawa Tengah mencapai 68,1 persen, dengan kompetitor tentunya sangat jauh. Kompetitor terdekat kita hanya 25 persen lebih sedikit,” paparnya di Semarang, Jawa Tengah, akhir pekan lalu.

Bahkan, kata Sukamto, dalam dua bulan terakhir, tren pangsa pasar Honda di provinsi itu telah menyentuh angka 71,4 persen. Dari jumlah itu, varian skutik menjadi penyumbang penjualan terbesar di atas penjualan motor bebek dan sport.

“Matik kontribusinya sekitar 70 persen, bebek 13 persen dan sisanya adalah motor sport,” ucapnya.

Namun, dilihat dari total pasar secara keseluruhan di Jawa Tengah pangsa pasar motor matik sebanyak 80 persen, motor bebek 13 – 14 persen dan sisanya motor sport.

“Artinya untuk motor sport, kita memang belum menguasai pasar, pada saatnya nanti akan kita ambil semua,” kata Sukamto.via detikoto.

Di jawa tengah motor honda sudah melekat sampai ubun2 bahkan sampai sampai menyebut ”motor” saja di ganti dengan kata ”honda” contohnya :

Bapak : le… kowe arep tuku honda opo ?

Translate : nak…kamu mau beli motor apa ?

Anak : Kulo badhe tumbas honda vixion ingkang paling sae meniko…

Translate : Saya mau beli motor vixion yang paling bagus itu…

Bapak : Honda vixion kuwi seng honda seko yamaha kuwi yo ?

Translate : Motor vixion itu yang motor dari yamaha ya ?

Anak : Injeh leres pak…

Translate : Iya pak betul

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. honda hayabusa?
    honda R1?
    honda H2R?
    honda ZX14R?
    honda MT 09?
    honda satria fu?
    honda R15?
    honda MX KING?
    honda GIXXER?
    honda KLX?
    honda D-trackker?
    honda TS?
    honda apalagi ya?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here