20120426_kampasrem_1

Selamat siang kang bro… bagaimana kabar hari ini ? sehat… Kemarin seharian bengkel rame maklum habis pada gajian, alhasil warung terabaikan. Tapi ada manfaatnya juga kok jadi banyak modal buat ngeblog tips2 ringan ada bocoran adanya gambar powerbank motor new matic dari yamaha…hayach keceplosan.

Kali ini saya akan bahas kampas rem belakang palsu alias ”aspal”,Β kebetulan sehari kemarin dapat dua pcs kampas rem palsu. Keluhan konsumen motor saat ngerem jadi ngelos padahal habis ganti kampas rem baru tapi…di bengkel biasa, maaf bukan saya memojokkan tapi saya disini bicara oknum bengkel umum… karena banyak bengkel umum yang jujur juga kok…piiis sesama mekanik. Saya disini sharing saja.

Setelah saya menangani keluhan motor konsumen tersebut didapati kalau kampas rem yang dipasang palsu, padahal saya tanya biayanya yang dikeluarin malah lebih mahal dari beli part yang asli. Dapat harga mahal tapi palsu pula… Sebagai konsumen kita harus cerdik memilah2 mana yang asli dan mana yang palsu, lalu bagaimana cara membedakannya ? sebagai orang yang awam pasti susah membedakannya, hanya satu yang membedakannya yaitu hasilnya justru tidak lebih baik jika pakai part yang palsu.

Kang ari akan kasih tahu beberapa wujud fisik kampas rem palsu dan yang asli dimana letak perbedaannya, kenapa setelah ganti kampas rem palsu malah rem jadi ngelos.

Yang pertama pasti yang namanya part palsu kualitas tingkat kepresisiannya sangat jauh dari part asli, lihat gambar dibawah ini. Sepatu kampas rem yang palsu tidak bisa menekan secara rata di permukaan tromol alias miring alhasil ngeremnya ngelos. Lihat gambar sebelah kiri, bidang sepatu kampas rem tidak rata ada bidang yang tidak ikut menggesek tromol sedangkan gambar sebelah kanan adalah kampas rem asli dimana permukaan sepatu kampas rem menekan rata di permukaan tromol.

kampas rem (1)

 

Yang namanya barang palsu pasti produksinya kasar dan tidak rapi, lihat saja lubang dudukan per kampasnya tidak rapi, kalau yang asli lobangnya bulat, lihat gambar bawah.

kampas rem (3)

 

Dari kode yang tertanam dikampas rem juga beda, yang palsu tertulis ”YIMM” sedangkan yang asli tertulis ”YAMAHA”.

kampas rem (2)

Besok saya bahas perbedaan kampas rem palsu dari segi bungkusnya…

 

Advertisements

31 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here