ARIPITSTOP.COM – PT Astra Honda Motor (AHM) bersama PT Wahana Makmur Sejati (WMS) menggelar sertifikasi puluhan guru SMK di Jakarta dan Tangerang. Kegiatan ini bertujuan menjaga mutu pendidikan vokasi dan sekaligus memberikan bekal bagi para guru untuk mengajar di sekolah masing-masing. Kegiatan bertajuk resmi Pelatihan Guru Modul Dasar dan sertifikasi Guru Level 1 ini berlangsung di Wahana Makmur Sejati Safety Riding Center, Jatake, Tangerang, Banten pada tanggal 10–17 Mei 2024.

Dukung perkembangan pendidikan dan teknologi

Head of Technical Service Department PT WMS Benedictus F. Maharanto mengungkapkan, bersama AHM, PT WMS senantiasa mendukung perkembangan pendidikan yang selaras dengan kemajuan teknologi terkini.

“Kami mendukung pendidikan vokasi di Indonesia dengan metode yang disesuaikan perkembangan kondisi saat ini. Tak kalah penting, kami tetap menjaga kualitas guru SMK yang menerapkan kurikulum Teknik Sepeda Motor (TSM) Astra Honda,” kata pria yang akrab disapa Beni ini.

Tahapan sertifikasi

Beni memerinci, ada sejumlah tahapan dalam Pelatihan Guru Modul Dasar dan sertifikasi Guru Level 1 ini. Pelatihan guru modul dasar Kurikulum TSM Astra Honda, lanjutnya, diselenggarakan selama empat hari secara daring. “Ada enam fokus pelatihan, yaitu identifikasi alat ukur; wiring diagram dan warna kabel; sistem pengapian dan pengisian; sistem transmisi otomatis; sistem bahan bakar; dan sistem PGM-FI,” jelasnya.

Sebelum pelatihan, ia meneruskan, para guru mengikuti pre tes sebagai tolok ukur kompetensi guru. “Setelah pelatihan, pemahaman guru juga diuji sesuai standar kompetensi yang ditetapkan pada saat sertifikasi selama dua hari,” tambah Beni.

Setelah pelatihan modul dasar, Beni berujar, akan dibuka kembali batch training modul lanjutan dan sertifikasi level 2. “Kami berharap, kegiatan ini dapat bermanfaat bagi para peserta yang nantinya akan membagi ilmu yang didapatnya kepada anak didik bangsa,” harap Beni.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini