ARIPITSTOP.COM – Marc Marquez dan Gresini Racing sudah sepakat untuk saling terikat kontrak pada musim 2024, namun Marc Marquez masih akan membalap dengan Honda di Thailand, Malaysia, Qatar dan terakhir di Valencia sebelum akhirnya ia dapat mencoba untuk pertama kalinya Desmosedici GP di Test Valencia sehari setelah race terakhir musim ini di Sirkuit Ricardo Tormo. Tapi ada yang mencengangkan dibalik kepindahan Marc ke Gresini Racing, yang ternyata dirinya tidak mendapatkan gaji sepeserpun dari Gresini Racing.

Bocoran mengenai kepindahan Marc Marquez ke Gresini Racing tanpa adanya kesepakatan gaji ini diungkapkan oleh  Sporting Director Ducati Corse, Paolo Ciabatti. Pria asal Italia ini menyatakan Marc Marquez bakal balapan tanpa sepeser pun gaji dari Gresini Racing di MotoGP 2024.

“Saya tadinya juga yakin bahwa Honda takkan mau melepas Marc. Namun, Marc mencapai kesepakatan dengan Gresini, yang saya yakini terjadi setelah bicara dengan adiknya dan mengevaluasi kekuatan motor [Ducati] tahun lalu,” ungkap Ciabatti.

Ciabatti pun mengonfirmasi Marquez memang akan balapan dengan Gresini tanpa gaji. Pria asal Italia ini menyatakan bahwa keputusan Marquez membela skuad asal Faenza, Italia itu, sama sekali tak didasari faktor finansial.

“Dari yang saya pahami, gajinya adalah nol. Saya memahami bahwa ia bakal balapan pada praktisnya dengan ‘free transfer’. Jadi, faktor ekonomi bukanlah hal yang memandunya ke arah pilihan ini,” pungkas Ciabatti.

Meski balapan tanpa gaji dar Gresini Racing, namun Marc Marquez dinilai mendapatkan dana dari para sponsor yang menyokongnya meski tak sebesar gaji yang dia dapatkan dari Repsol Honda yang diperkirakan sekitar €13 juta atau Rp220,4 miliar per musim.

Rela kehilangan pemasukan sangat besar, artinya Marc rela meninggalkan Honda demi mendapatkan motor yang sudah siap menang untuk meraih gelar juara dunia. Dan alasan inilah yang mendasari kenapa Marc hanya sepakat satu tahun kontrak dengan Gresini, karena di musim 2025 nantinya Marc punya kesempatan untuk memilih  masa depannya kemana dia akan pergi atau tetap di Gresini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini