ARIPITSTOP.COM – Wujudnya sirkuit Mandalika yang bertaraf Internasional yang mampu menggelar balap seperti WSBK dan MotoGP akhirnya memantik daerah lain untuk membangun sirkuit yang sama, kini pembangunan sirkuit besar juga akan dilakukan di Yogyakarta.

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo bersama Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi mendukung rencana anggota Komisi A DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Kanjeng Pangeran Haryo Purbodiningrat untuk membangun sirkuit balap internasional. Menantu Sultan Hamengkubuwono X yang akan maju menjadi calon ketua IMI DIY ini membangun sirkuit balap Internasional dengan lintasan tanah dan aspal. Selain itu, museum otomotif dan transportasi di DIY.

“Sirkuit tersebut bisa digunakan untuk menggelar berbagai kejuaraan balap,”

“Mulai on road seperti road race, drag bike, dan freestyle, hingga off-road seperti motocross, grasstrack, hingga adventure,” ucap pria yang kerap disapa Bamsoet ini.

Pembangunan sirkuit direncanakan dibicarakan dengan Ngarso Dalam Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk memanfaatkan lahan seluas 128 hektare milik Keraton Yogyakarta Hadiningrat.

Lokasinya juga strategis, hanya sekitar 9 km dari Yogyakarta International Airport di Kulon Progo. Sementara itu, dari pusat Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 40 km dengan waktu tempuh kurang dari 1 jam.

Ketua umum IMI ini menjelaskan, DIY merupakan wilayah yang telah melahirkan banyak pembalap hebat. Di antaranya, Doni Tata Pradita, pembalap Indonesia pertama yang mampu menembus ajang tertinggi dengan turun di kelas 250 cc Kejuaraan Dunia Balap Motor 2008. Selain itu ada pula Galang Hendra Pratama yang turun di WSSP tahun 2020 dan 2021.

“Karena itu, sangat tepat jika di DIY dibangun sirkuit berkualitas internasional yang mampu menyelenggarakan berbagai kejuaraan balap on road hingga off road,” jelas Bamsoet.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here