ARIPITSTOP.COM – Sirkuit Pertamina Mandalika International Street Circuit yang berlokasi di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) disebut-sebut sebagai yang terindah di dunia. Pasalnya lokasi sirkuit yang terletak di pinggir pantai di area perbukitan yang indah serta lokasinya yang sangat strategis karena merupakan daerah pariwisata.

Lintasan utama sirkuit ini menggunakan teknologi aspal terbaru stone mastic asphalt (SMA) akan memanjakan para pembalap dan penonton yang akan hadir di menyaksikan balapan motor. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,310 km dilengkapi 17 tikungan itu disebut-sebut sebagai yang terbaik di dunia, bahkan mengalahkan Sirkuit Sepang Malaysia.

CEO DORNA Sports, Carmelo Ezpeleta dan Sporting Director Carlos Ezpeleta berada di Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Mandalika, Lombok pada Senin (28/10). Selama dua jam meninjau Kuta Mandalika Beach Park, Balawista, duo Ezpeleta itu, melihat langsung kemajuan pembangunan sirkuit yang dibangun oleh Mandalika Vinci Grand Project, BUMN asal Perancis. ”Sebagai sirkuit jalan raya pertama di dunia, sirkuit ini menjadi landmark yang sangat indah,” katanya Ezpeleta dilansir dari Tempo.

ITDC menyiapkan tiga bukit yang luasnya sekitar 50 hektar yang memiliki ketinggian 25 – 50 meter, yang dijadikan lokasi 15.000 penonton. Sirkuit Mandalika nantinya memiliki bukit yang dinamai Pink Mount Mandalika karena ditanami bunga-bunga berwarna pink.

Dari atas bukit ini, penonton dapat menyaksikan balapan seluas 360 derajat. ‘Dari bukit Pink yang berada di tikungan, penonton bisa melihat pembalap start dan finsih.

antara

Tak pelak para pembalap MotoGP sudah tidak sabar untuk datang ke Mandalika. Bahkan sampai Valentino Rossi penasaran menjajal tikungan di Mandalika untuk balapan MotoGP. Rossi mengatakan jika nanti saat balapan cuaca sangat panas, dia akan langsung terjun ke laut. Pasalnya, sirkuit ini berada di pinggir pantai.

“Jadi ini akan sangat sulit, terlebih lagi trek akan sangat dekat dengan laut. Jika sangat terik, maka kita bisa langsung terjun ke laut,” kata dia sembari tertawa.

Bukan cuma Rossi, karena Quartararo juga sudah tidak sabar mencicipi sirkuit Mandalika, “Musim depan bakal menyenangkan, karena ini berarti selangkah mendekati kondisi normal. Saya tak sabar untuk menjajal trek baru di Indonesia, yang tampaknya cukup cepat dan menyenangkan. Saya harap kalender musim depan tak berubah-ubah lagi,” ungkap Quartararo.

Pembalap lainnya seperti Bagnaia ternyata juga ingin segera pergi ke Indonesia untuk yang pertama kalinya. “Bakal menyenangkan. Namun, kita masih harus melihat apakah kami bisa mengunjungi negara-negara seperti Malaysia, Jepang, Australia, atau Indonesia. Kami sudah menunggu WorldSBK yang sebentar lagi akan balapan di sana. Saya tentu ingin pergi ke sana, namun sangat sulit bepergian dalam situasi macam ini,” ujar ‘Pecco’.

Advertisements

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here