balaclava (1)

Balaclava, dulu penutup kepala ini masih asing dikalangan para biker indonesia namun seiring semakin banyaknya accesories perlengkapan riding para biker kini balaclava bukan hanya sebagai pelindung kepala justru menjadi fashion yang semakin menjamur. Awalnya balaclava dipakai di negara-negara bersalju untuk melindungi kepala dari suhu dingin dan kini fungsi balaclava justru merambah ke kalangan biker dan di tahun 2016 nanti kemungkinan para biker akan semakin menjadi trend.

Fungsi balaclava di kalangan biker selain menyaring udara kotor yang masuk ke hidung kita karena polusi udara yang semakin pekat di jalanan, balaclava juga melindungi rambut bakteri dan jamur yang berkembang di helm. Bakteri dan jamur ini, bila berpindah ke rambut menyebabkan kerusakan pada kulit rambut. Antara lain ketombe, rambut rontok bahkan sampai kutu rambut. Helm yang jarang dicuci serta sering dipakai bergantian pasti mengandung bakteri dan jamur, nach balaclava ini melindungi kepala dari bakteri serta jamur yang ada di dalam helm. Balaclava membantu banget mencegah menularnya berbagai penyakit kulit dan rambut.

balaclava (2)

 

Keringat di kepala juga akan berkurang akibat diserap oleh kepala sehingga mengurangi bau apek di helm dan rambut. Untuk biker yang sering touring atau setiap hari riding jauh, balaclava ini juga melindungi kulit kepala dari flek-flek hitam yang menyebabkan kulit wajah dan leher cepat kecoklatan atau kehitaman, terutama menghitamnya di bagian tengkuk akibat sengatan matahari.

Karena sangat bermanfaat maka balaclava semakin tenar di kalangan biker bahkan semakin menjamurnya klub-klub motor atau komunitas yang sering mengadakan kopdar disitulah balaclava menjadi buah bibir para biker dan balaclava pun sudah menjadi bagian fashion dari para biker. Seiring maraknya pengunaan balaclava kini sudah banyak model dan desain balaclava yang dijual bahkan banyak pula para produsen balaclava yang mendesain produknya dengan gambar2 unik bahkan menyeramkan seperti tengkorak, dan inilah kenapa balaclava semakin digemari karena para biker tidak bosan dengan desain yang selalu berkembang.

balaclava (3)

Para biker harus bisa memilih balaclava yang benar2 bisa berfungsi maksimal, seperti dari pemilihan bahan yang mudah menyerap keringat serta tidak menyusahkan kita dalam bernafas. Bukan hanya nafas di hidung namun ruang nafas yang cukup untuk rambut agar rambut tidak lebih mudah lembab dan mengganggu pertumbuhan akar rambut. Itu bisa menyebabkan kerontokan, karena akar rambut yang tidak kuat. Untuk beli balaclava ini juga mudah kok karena sekarang sudah banyak toko2 khusus menyediakan perlengkapan biker atau di event2 motor yang mengundang para pecinta roda dua.

TOKO ACCESORIES

Advertisements

1 KOMENTAR

  1. pengen pakai sih sebenernya, berasa keren gitu. tp kebanyakan orang sini kan kolot, ngeliat orang pakai balaclava pasti langsung memberi stigma negatif. dikata teroris lah, begal lah, garong lah, jadinya pikir2 deh mau pakai

  2. Tapi para pembalap motoGP malah tidak ada yg pakai balaclava, padahal di F1 pada pake semua.

    Kesimpulannya: balaclava mengganggu rider (motoGP) ?

  3. aku pake Buff tapi pakenya di model kayak balaclava,selain buat masker sama pelindung rambut,juga bisa buat mempermudah pemakaian helm,kadang kan helm susah pakenya karena pas mau masukin seret di pipi,kalo pake buff ato balaclava lebih enak,langsung mak slubb enak makenya…

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here