piston (2)

Pernah ngalamin motor saat riding tiba2 mogok, setelah didiamkan sekitar 5 menitan motor bisa hidup lagi ?, itu tanda2 kompresi di ruang bakar sudah berkurang. Lalu apa yang bisa membuat tekanan kompresi berkurang ? monggo dibahas bareng…

Salah satu gejala jika kompresi motor berkurang adalah jika motor saat diajak riding tiba2 mati mendadak dan setelah didiamkan kurang lebih 5 menit motor bisa hidup lagi atau kompresi dipancing dengan cara memasukkan oli mesin ke ruang bakar agar kompresi kembali padat, setelah motor hidup knalpot langsung ngebul asap putih karena proses mancing kompresi pakai oli mesin tadi. Jika motor sudah seperti itu tanda2nya kompresi berkurang. Tekanan kompresi di ruang bakar dikisaran 1.100 -1.200 psi.

service

Jika sudah ada gejala seperti diatas segeralah ke bengkel langganan untuk pengecekan lebih lanjut. Motor seperti mio 2006 ini ataupun matic moped dan sport dari pihak pabrikan dianjurkan untuk service besar setiap 30ribu km atau motor diatas umur 3 tahun. Terutama untuk motor yang minum premium kerak yang timbul lebih cepat dan lebih banyak, jika kerak sudah menumpuk justru kompresi akan terlalu tinggi dan akan timbul over heating.

klep

Efek yang kedua karena kerak menumpuk kotorannya akan menggesek ring piston dan piston dengan dinding cylinder akibatnya kompresi berkurang seperti kejadian diatas. Contoh gambar piston yang sudah bocor seperti gambar dibawah ini, ini motor mio dengan 45rb km. Kondisi ring piston sudah aus makanya ada kerak yang nempel di dinding piston posisinya dibawah ring piston tampak kecoklatan, untuk kondisi normal…kerak hanya diatas ring piston saja. Kondisi seperti ini jarang yang menimbulkan asap ngebul putih di knalpot karena hanya bocor halus saja tahu2 oli mesin sudah habis tanpa kita sadari.

piston (1)

Last, selalu cek kondisi motor kita tanyakan ke mekanik apakah motor sudah perlu service besar apa belum jika perlu minta ke mekanik untuk mengecek kondisi kompresi menggunakan alat compression gauge. Semoga bermanfaat.

cylinder
cylinder yang sudah dikorter
Advertisements

89 KOMENTAR

  1. Kang ari, utk mencegah kerak d ruang bakar, sy b’inisiatif make yamalube carbon cleaner. Sbaik’a pemakaean tiap brp km, n utk jangka panjang ada efek negatif bwt mesin g ? Thx,,,,,,

  2. kerake koyo bebekku mbiyen tp gak sampe mogok mesine cepet panas pake banget
    kang ri blognya nebeng di indomotoblog aja tinggal hubungin wak haji
    pasti pembacanya makin banyak

    sukses kang

  3. kang saya pakai mio J
    pernah suatu hari saya bawa motor ini,,tiba2 mati mendadak waktu saya berhenti di pertigaan mau belok
    trus saya matiin kunci kontak,sayaa stater g mau nyala,,sampai beberapa kali
    kemudian pakai kick stater, pertama2 di “selah” rasanya ngempos
    sampai beberapa kali,baru bisa dan nyala
    kenapa kang???
    suwun

  4. Wow ..kang mau tanya ni,udah lama mtorku piston nya tak ganti yg lebih gedhe,tapi knapa ya kick staternya jadi berat skali hmpir gak fungsi,bisa jadi kalo akinya sowak/tekor mtor jadi mogok. soale kick staternya gak fungsi,apanya ya kang..? Apakah ada hal yg belum terpasang? Maklum yg masang temen sendiri,bukan mikanik handal..hehehe

  5. Ada lagi kang,saat manasi mtor di pagi hari,keluar asep,tpi kalo udah jalan asep perlahan hilang, apa krna ring pistonnya yg kudu ganti? Maklum kang,piston beserta ring nya adalah bekas di pake mtor temen,lungsuran..hehehe
    *yg aslinya masih jozz, gak ada beret,udah menempuh di atas 50rb km..

  6. Sugenp dalu kang ari, menawi boten ngrepoti hehe
    Mau tanya pernah boten nangani kasus tangki ov maupun nvl yang kemasukan air, soalnya saya pnya mau niat kuras tangki tapi blm smpet. . Thx kang. .

  7. waduh, MXku udah 75000KM dan 8tahun menggunakan Premium (tanpa pernah Pertamax) gmana kondisi ruang bakarnya yah??

    ya itung2 uji ketahanan Diasil silinder dan forged piston

    oh ya bro Ari, kalau misalnya MXku kena kejadian serupa dengan d atas, apakah harus ganti forged piston dan diasil silindernya + ring piston atau cukup cek keadaan piston+ring dan silindernya lalu dbersihkan dari kerak2 yang mengendap ???

  8. Bos ari minta solusinya untk mio saya , , riwayatnya kayak gini pas wktu mau brngkat krja saya panasi dulu skitar 5menitan lalu lngsung jalan eh tiba2 dijalan mio saya kayak kehabisan bensin padahal bensin masih full , , mogok deh dorong sampe rumah skitar 13km jalanya naik turun capek jg , . Mohon pnjelasanya mas bos , .

  9. Maaf mas, mau tanya. Ada 2 masalah pd mio sporty saya:
    1. Suara motor halus, tp saat di gas kencang seperti ada suara siul.
    2. Sepertinya oli mesin saya rembes ke bawah, apa itu masalah packing? Untuk yg boncengan, katanya kaki sebelah kanannya terasa panas. Itu panas knalpot atau mesin ya

    Mohon solusinya mas, sekaligus perkiraan biaya utk diberesin semua
    Terima kasih…

    • 1.suara siulan dr belakang, itu bearing gearbok mulai oblak/roda gigi gearbok mulai aus,
      Solusi awal ganti bearing gearbok dan bearing as roda blakang, kisaran biaya 300ribu,
      2.klo oli rembes bisa krn paking ttp oli, ganti paking plus bautnya kisaran 15rb
      3. Panas sblah knn wajar dekat knalpot

  10. mas ary, mw tanya nihh. motor mio j saya sering mati mendadak saat d kendarai. tetapi setelah kunci kontak di off kan bbrapa saat, lalu di on kan kembali motor nyala kembali seprti biasa.. dan itu sering terjadi saat saya kendarai. kira2 apa penyebab nya y mas…. terima kasihh

  11. motor saya mio tahun 2009 mesinnya standar , gejalanya suka tersendak sendak seperti habis bensin kalau di gas, saya sudah coba ganti karbu,cdi, dan pngecekan yang lainnya sudah beberapa bengkel yang saya datangi tapi motor masih tetep kaya gitu sampe sampe si montirnya juga kebingungan, harus gimana lagi yaaa mohon solusinya…

  12. akhirnya nemu juga artikel ini yg sangat bermanfaat, hatur nuhun kang. soalnya mio aku mengalami gejala seperti di atas, cuma asap yg keluar warna hitam. katanya sih harus ganti karbu. benerkah?

  13. Penyebab mio 2011 bila baru dipakei trus dimatikan susah dihidupkan , kalopun bisa suaranya cuma dhup ddhup dhup tpi bila gas ditambah malah mati.awalnya sering nembak bila gas di nol kn.apakh di klep atw lober bensinya trus masuk mesin

  14. nanya bos, ane punya x-ride, baru beli pertengahan oktober 2014, trus kemarin (akhir jan 2015), tau2 motor mogok, gara2 lost compression. umur baru 3,5 bulan, sejak awal pemakaian juga pake pertamax terus, padahal 2 hari sebelumnya barusan di servis juga. itu kira2 apa sebabnya? makasih berat sebelumnya

  15. Mas saya mau nanya,, motor saya mio,, pake seher bmi kaze oversize 50,, saya baru ganti ring seher,, kemudian keluar asap putih pada tutup keteng sama knalpot,, dan kompresi lemah,, itu penyebab nya apa ya mas ?

  16. Kang ari ,,
    Saya pake mio taun 2006 skr klo belok kanan sampai habis, muter jalur atau parkir tiba tiba mesin mati ,, kenapa yah kang ?

  17. Bang motor saya mio sporty, knapa boros banget bahan bakar terus keluar asap hitam bang kasi solusinya supaya normal lagi

  18. Gan mau nanya nih
    Motor saya Mio GT
    udah 10 bulan dipake
    jarak tempuh udah 15ribu Kilometer
    kemarin mogok dijalan terus dibawa ke bengkel kata mekaniknya loss kompresi
    padahal motor saya itu saya kasi minum pertamax plus tterus kok
    tapi kok bisa loss kompresi ya gan ?
    Pencerahan nya dong gan ?

  19. kang mau curhat….
    saya pake motor x-ride baru 7 bln,,motornya biasa dipake perjalanan jauh…
    kemarin tiba-tiba mati seperti penjelasan diatas…sy bawa kebengkel, org bengkelnya pancing pake oli bekas baru mau jalan..dan seminggu kemudian motor mogok lagi dan d bgkel sy disarankan ganti busi….

    akhirnya, sy k servis resmi yamaha malah disruh ganti saringan udara.. tetapi selang 2 minggu penyakitnya kambuh lagi, busi yg baru diganti sdh hitam dan sy ganti busi lagi..
    kira2 apa maslahanya sebenarna dan bagaimana solusinya kang?
    apa ada pengaruh karena motor sering dpake perjalanan jauh?

  20. Sama mio J saya thn 2013 tiba2 mati, kompresi nya kerasa turun, biasa nya staret berat, tapi sekarang aki udah tekor juga masih bisa di starter tapi gak mau nyala, ini pabrikan serius gak sih buat motor? Ternyata semakin di depan itu cuma omong kosong!!!!!!!!!!!!

  21. mau tanya mas motor saya di sela gak nyala di starter gak nyala sempet ganti boringan tuh karna baret saya korter,busi koil sama cdi di ganti tapi tetep gak nyala,cvt sehat itu kenapa mas tapi saya belom ngecek head mesinnya apa mungkin ngaruh ke klep bengkok? dan kira2 berapa kisaran harganya?

  22. kang mau nanya,, motor mio saya bekas di pake sama kakak,trus di warisin ke saya,, di pake tiap hari ,tapi ane lupa ngecek oli nya,tau tau olinya tinggal dikit,, pas udah di isiin oli lagi sebulan kemudian motor saya jadi ngebul kalo tarikan gasnya tinggi.. apa seher nya udah aus ya atau apa masalahnya kang,, mohon pencerahan nya..

  23. kang mau nanya nih motor saya mio spoty 2010 sering ada bunya klek-klek-klek-klek bang saya bawa kebengkel katanya klepnya harus di setel tapi setelah di setel klepnya masih ada bunyinya kira” kenapa yak.? dam di tambang oli sering rembes kalo kepanasan jadi ngebul putih tapi gak mati mesinnya. tolong dibantu masalahnya dimana

    terima kasih

  24. kang mau tanya..motor mio gt ane di jalan tiba2 suka mati,,klistrikan jg mati jadi g bisa sen kiri klo lagi di tengah..tapi kadang2 bisa langsung nyalah lagi tapi seperti kelock tarikannya di gas full ya dapetnya segitu aja 30km/jam solusinya matiin kontak trus starter lagi.. itu masalah apa ya?..udah di service injectornya di beres katanya g ada masalah dan bersih karena ane pake pertamax dr awal,,km baru 2500..

  25. oh ya info tambahan..kadang2 kontaknya g mau nyalah ketika di ON..harus ngulangin 1-2x baru nyalah indikator injeksinya,,apa masalah kontaknya ya?

  26. kang mau nanya,, saya punya motor mio standart, punya kendala pas lagi jalan tiba2 mati trus pas mau di stater kaki, tapi stater kakinya macet, pas di cek ternyata olinya habis. solusinya gimana tu kang ??
    mohon infonya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here