ARIPITSTOP.COM – Siapa yang tak kuasa menahan godaan Suzuki Satria pada jaman tahun 2000an ?, motor ini menjadi motor underbone bebek ayam jago yang paling laris manis diburu para kawula muda waktu itu. Motor yang lahir tahun 2004 ini ternyata masih dijual secara bebas dan resmi dijual oleh Suzuki.

Suzuki Satria F dimulai pada tahun 2004, untuk menggantikan generasi sebelumnya yaitu Satria 2 tak yang mulai dibatasi karena kurang ramah lingkungan. Satria F 150 pertama kali didatangkan berstatus CBU dari Thailand, memiliki spesifikasi mesin 147,3 cc 4 tak DOHC berteknologi pendingin oli yang dipadukan dengan transmisi manual 6-percepatan. Dari mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga 16 dk/9.500 rpm serta torsi 12,7 nm / 8.500 rpm.

Pada tahun 2007, Suzuki Indonesia resmi menjual motor ini secara CKD tidak CBU lagi tentunya bisa menekan harga dan lebih cepat penjualannya karena terus digandrungi para remaja kala itu. Tentunya dengan beberapa part yang sudah lokal, bahkan ditambahkan dengan fitur elektrik starter yang tidak ada di motor Satria CBU.

Pada 2008, Suzuki Satria kembali diberikan penyegaran oleh PT SIS. Hal yang paling mencolok pada motor ini adalah desain headlampnya yang berubah, menggunakan desain motor sport fairing dari Suzuki juga yaitu GSX-R600.

2013 barulah Satria F150 mendapat ubahan secara menyeluruh. Meski masih nampak mirip, tapi tampilannya lebih stylish dan ramping. Ditunjukkan dengan desain garis-garis tajam, terlihat di bagian headlamp dan buritan. Sedang rangka, mesin dan fitur-fitur lainnya masih sama.

Suzuki Satria F150 Euro 3 meluncur 2015, untuk memenuhi standar emisi Euro 3. Satria F generasi pertama versi penutup mengalami pembaruan pada sektor gas buang dan setting CDI. Desainnya hampir sama dengan versi sebelumnya, dan desain yang terakhir inilah yang masih dijual sampai sekarang di Filipina.

Yap, Suzuki Filipina masih menjualnya dengan nama Raider R150 Carburetor. Meski masih menjual yang versi karburator, Suzuki Filipina juga tetap menjual versi injeksinya. Di filipina, motor ini dijual dengan 3 varian warna yang dibanderol sekitar Rp 29 jutaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini