ARIPITSTOP.COM – Honda sedang benar-benar krisis pembalap, pasalnya Joan Mir yang mundur dari GP Mugello pekan lalu harus diperpanjang sampai GP Jerman akibat cideranya, Alex Rins juga mengalami hal yang sama. Honda Racing Corporation (HRC) resmi mengumumkan bahwa Joan Mir absen dari MotoGP Jerman di Sirkuit Sachsenring pada 16-18 Juni 2023 nanti. Keputusan ini diambil karena cidera tangan yang lebih parah dari dugaan.

Joan  Mir diketahui kecelakaan dalam sesi latihan kedua MotoGP Italia, Jumat (9/6/2023). Ia jatuh di tikungan pertama, yang terletak tepat setelah trek lurus panjang Sirkuit Mugello yang menuntut kecepatan sangat tinggi. Ia mengalami low side dan bisa langsung bangkit usai terjatuh.

https://twitter.com/HRC_MotoGP/status/1668559347893370880

Akibat kecelakaan tersebut, Mir didiagnosa mengalami keretakan kecil di tulang kelingking. Keputusan mundur dari balapan Mugello akhirnya harus diambil, namun ternyata melihat kondisi cidera yang yang lebih parah akhirnya Joan Mir dipastikan tidak ikut balapan seri Jerman akhir pekan ini.

“Pemeriksaan itu menunjukkan luka memar signifikan pada tangan kanan, disertai cairan sinovial dan pembengkakan, membatasi kekuatan dan pergerakan tangan kanannya. Mempertimbangkan hasil MRI, Mir takkan berpartisipasi di GP Jerman.

Ia akan pergi ke Palma (de Mallorca) untuk mengunjungi traumatologisnya, dr. Juan Garcias, untuk mengevaluasi rencana perawatan dan pemulihan terbaik untuk cedera tangan kanannya tersebut, demi kembali balapan sesegera mungkin. Ia takkan mendapatkan pembalap pengganti di GP Jerman,” ungkap HRC dalam rilis resminya pada Selasa (14/6/2023).

Keputusan ini membuat Honda krisis pembalap di GP Jerman, pasalnya Alex Rins juga dipastikan tidak ikut dan tidak ada pembalap pengganti seperti Joan Mir. Ini sesuai dengan regulasi MotoGP soal pembalap pengganti bagi pembalap reguler yang berhalangan hadir atau mengalami cidera. Sebuah tim MotoGP hanya boleh mendaftarkan pembalap pengganti 10 hari sebelum seri terkait digelar.

Rins diketahui jatuh dalam sprint race Seri Italia pada Sabtu (10/6/2023). Kecelakaan itu menyebabkan patah tulang fibula dan tibia kaki kanan. Usai menjalani operasi pertama di Florensia untuk memasang ekstrenal fiksator agar tulangnya stabil, Rins akan menjalani operasi kedua di Madrid pekan ini.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini