ARIPITSTOP.COM – Yamaha Crypton menjadi awal motor bebek era 4 Tak dari Yamaha, motor ini menjadi legenda motor bebek Yamaha untuk menggantikan era motor bebek 2 Tak. Dari motor Crypton, lahirlah bebek-bebek generasi penerusnya seperti Vega dan Jupiter.

Awal karir motor bebek Yamaha di Indonesia, dulu lebih terkenal dengan motor 2T, Yamaha mencoba peruntungannya di segmen bebek 4-tak dengan meluncurkan Yamaha Crypton pada tahun 1997. Awalnya motor ini mengusung mesin 101,8 cc, Crypton sudah menggunakan elektrik stater. Kemudian pada tahun 1998 Yamaha merevisi motor ini menjadi Crypton R dengan perubahan kapasitas sedikit meningkat jadi 102 cc dan penambahan fitur rem depan yang sudah cakram.

Namun tahun 1999 silam jadi akhir perjalanan Yamaha Crypton yang stop produksi alias disuntik mati dan digantikan Yamaha Vega.

Namun di era motor injeksi sekarang ini, ternyata Yamaha Crypton kembali dihidupkan. Dengan desain yang lebih modern serta teknologi mesin yang terkini.

Tepatnya Yamaha di Columbia menjual motor bebek Crypton yang desainnya mengambil dari motor Vega Force FI seperti yang ada di Indonesia. Yap… Yamaha Columbia menjual Vega Force FI dengan nama Yamaha Crypton.

Dari segi desain, spesifikasi mesin sampai fitur2 semuanya sama seperti yang dijual oleh Yamaha Indonesia, jadi hanya beda nama saja. Kalau di Indonesia diberi nama Vega Force FI maka untuk di Columbia namanya Yamaha Crypton.

Kalau di Indonesia, Yamaha memasarkan Vega Force dengan harga Rp 17.915.000 on the road Jakarta. Kalau di Columbia motor bebek ini dijual 8.400.000 Peso alias sekitar Rp 32jutaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini