ARIPITSTOP.COM – Sirkuit Mandalika ternyata sudah tak lagi masuk kalender di balapan WSBK musim 2024, padahal Mandalika sudah 3 kali menjadi tuan rumah. Pencoretan WSBK di Mandalika disebut akibat balapan ini bikin merugi.

Dorna telah merilis kalender balapan WSBK untuk musim 2024 nanti dan hasilnya Indonesia resmi dicoret.

Kabar mengenai Indonesia akan mundur dari balapan WSBK sudah terdengar sejak pertengahan tahun 2023 ini ketika Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR. WSBK dinilai bikin rugi karena impactnya tak sebesar balapan MotoGP.

Menurut Dony, balapan WSBK dinilai kurang menarik sehingga susah untuk menggaet sponsor untuk menutupi kerugian. Berbeda dengan MotoGP yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga masih ada sponsor yang mau berdatangan, sehingga kerugian bisa tertutup.

“Sehingga apa yang kami lakukan, yang kami lakukan adalah melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK ini. Sehingga WSBK turun dan tidak memunculkan biaya penyelenggaraan WSBK, eventnya juga tidak menarik secara sponsorship,” tutur Dony.

Dilansir dari detik.com, Komandan Lapangan Sirkuit Mandalika sekaligus Kepala Dinas Pariwisata Nusa Tenggara Barat (Dispar NTB) Jamaluddin Malady mengungkap alasan mengapa Mandalika tak masuk kalender WBSK 2024. Menurutnya, itu berkaitan dengan besarnya hosting fee pemerintah yang dibayarkan ke Dorna Sports.

“Untuk WSBK mungkin berada di angka Rp 100 miliar. Ya sekitar segitu ya. Sehingga pemerintah memutuskan untuk tidak menyelenggarakan, mungkin ya,” ujar Jamal

“Karena kita ketahui tahun 2024 yang akan datang itu Februari sudah pelaksanaan pesta demokrasi yaitu pemilihan. Ini mungkin menyebabkan pemerintah pusat dalam hal ini untuk tahun 2024 WSBK dihapus untuk sementara,” ungkapnya.

“Mudah-mudahan tahun 2025 akan kembali digelar WSBK di Sirkuit Mandalika. Kami percaya event ini tidak akan dihapus permanen,” ujar Jamal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini