ARIPITSTOP.COM – Kabar panas datang dari sirkuit kebanggaan Indonesia, balapan World Superbike (WSBK) bakal dihapus dari kalendar Sirkuit Mandalika. Balapan diinfokan merugikan dan susah menggaet sponsor.

Seperti yang sudah kita ketahui bahwa balapan WSBK sudah digelar sebanyak dua kali di sirkuit Mandalika, oleh karena sudah bisa menjadi bahan evaluasi positif dan negatifnya menggelar balapan ini di tanah air, termasuk dilihat dari segi pendapatan. event berskala internasional itu ternyata tidak mencatat keuntungan bagi pengelola Sirkuit Mandalika, Mandalika Grand Prix Association (MGPA). MGPA disebut malah rugi gegara ajang balap WSBK itu.

“Kerugian terbesar itu dari WSBK bukan dari MotoGP, MotoGP dia bisa melakukan biaya operasionalnya tertutup. Tapi yang WSBK ini dia menunjukkan kerugian,” kata Direktur Utama InJourney Dony Oskaria dalam Rapat Dengar Pendapat dengan Komisi VI DPR, sebagaimana disiarkan dalam YouTube Komisi VI.

Menurut Dony, balapan WSBK dinilai kurang menarik sehingga susah untuk menggaet sponsor untuk menutupi kerugian. Berbeda dengan MotoGP yang memiliki daya tarik tersendiri sehingga masih ada sponsor yang mau berdatangan, sehingga kerugian bisa tertutup.

“Sehingga apa yang kami lakukan, yang kami lakukan adalah melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK ini. Sehingga WSBK turun dan tidak memunculkan biaya penyelenggaraan WSBK, eventnya juga tidak menarik secara sponsorship,” tutur Dony.

Nach, namun disini apakah bisa pihak MGPA dengan mudah menghentikan WSBK, padahal sudah terikat kontrak dengan Dorna yang berdurasi 5 tahun dari tahun 2021 artinya habis kontrak di tahun 2025.

“Yang kami lakukan adalah melakukan negosiasi untuk menghilangkan WSBK ini,” ungkap Dony Oskaria kepada DPR Komisi VI.

“Sehingga (anggaran) WSBK turun dan tidak memunculkan biaya penyelenggaraan WSBK, event-nya juga tidak menarik secara sponsorship,” blak-blakan Dony Oskaria.

 

1 KOMENTAR

  1. Problemnya tidak hanya sekedar dari balap WSBK yang katanya bikin rugi. Coba cari juga berita lainnya, sampai2 ada yang mengajukan penyertaan modal negara. Itupun sementara ini hanya untuk bayar hutang jangka pendeknya..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini