ARIPITSTOP.COM – Balap ketahanan yang diadakan oleh Yamaha bukan hanya untuk memfasilitasi para komunitas yang ingin menggeber motor kesayangannya di lintasan sirkuit, namun digunakan juga untuk mengasah skill balapan para pembalap pemula, seperti yang dilakukan oleh pembalap tercilik sekaligus pembalap termuda di Yamaha Endurance Festival 2023 yaitu Clevan Louis Valera Octavianus yang masih berusia 11 tahun dan berasal dari Sleman Yogyakarta.

“Shell bLU cRU Yamaha Endurance Festival 2023” untuk pertama kalinya digelar di sirkuit Mandalika, Lombok NTB pada 21-22 Oktober 2023. Balapan uji ketahanan ini digelar ada tiga kelas yang disajikan yaitu kelas R15 Rider, R25 Rider dan Kelas Superstock (600 cc). Untuk kelas R15 Rider dan R25 Rider dibagi dua tim yaitu tim Blue dan tim Yellow.

Menariknya di kelas R15 ada satu-satunya peserta pembalap cilik dan tentunya menjadi yang termuda di ajang Yamaha Endurance Festival 2023. Pembalap cilik ini sering disapa Valera, masih 11 tahun namun sejak umur 3 tahun sudah diasah skillnya diatas motor balap.

Pembalap cilik ini mengawali karir balapnya melalui balapan Mini GP, Valera pernah meraih juara umum FIM MiniGP Series tahun 2021. Menurut sang Ayah yang juga mantan pembalap nasional Bima Oktavianus, anaknya tidak mau balapan pakai motor bebek, makanya sejak kecil hanya balapan pakai motor mini sport yang disalurkan lewat MiniGP. Umurnya yang sudah masuk ke 11, Valera sudah mulai naik ke motor sport, oleh karena ajang Yamaha Endurance Festival sangat cocok untuk mengasah skill diatas motor yang lebih besar.

“Kalau balapan dia sudah dari umur 3,5 tahun, dari poket 50cc terus MiniGP 160, kita sudah sampai Valencia terus sekarang naik kelas lagi ke motor-motor besar. Main Mini GP dari 7 tahun sampai 9 tahun, hampir umur 10 sudah juara nasional.” ungkap Bima.

“Untuk balapan motor besar baru kali ini, pada dasarnya dia baru awal ini naik ke motor ini, kita cari event yang bisa dia ikuti di motor sport. Dia tidak mau naik motor bebek, dari kecil tidak mau naik bebek karena dia berfikir untuk naik ke MotoGP itu naik sport bukan bebek. Terus ini ada event di Mandalika, dan dia baru pertama kali disini. Makanya kan ikut ada endurance ini saya pikir bisa lapnya banyak sekalian menghafal sirkuit.” lanjut dia.

Mantan pembalap Nasional ini menilai bawah Balap ketahanan yang diadakan oleh Yamaha ini dinilai bagus untuk menambah jam terbang para pembalap pemula.

“Kesannya ini bagus karena saya baru pertama kali ikut disini dan saya baru melihat Mandalika ini juga, bagus ada event seperti ini aklau bisa akan lebih baik lebih baik dan lebih baik lagi”. pungkasnya.

Valera juga mengungkapkan sangat senang bisa ikut balapan Yamaha Endurance Festival 2023, bagi dirinya sangat bermanfaat untuk menambah jam terbang balapnya terutama di sirkuit Mandalika yang baru pertama kalinya dia jajal. Adapun yang menjadi pasangannya Valera Octavianus ialah Michael Xavier Yanri (YROI Batik Timika) dan mereka siap berkompetisi dalam balap ketahanan Sport 150 menggunakan motor All New R15.

“Senang bisa mencoba sirkuit Mandalika dan nyoba sirkuit besar bisa dapat pengalaman jam terbang dan mungkin akan ebih sering.” ungkap Valera.

#bLUcRUindonesia  #bLUcRUFansExperience #bLUcRUYEF

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini