ARIPITSTOP.COM – Sebuah drama terjadi di pekan MotoGP Australia, ketika Jorge Martin dari awal balapan sudah leading di depan namun di akhir lap dirinya tersalip oleh 4 pembalap yang akhirnya podium di depan mata langsung sirna dan apesnya dia harus puas finish di urutan kelima. Pertaruhan pemilihan Ban menjadi penyebab kegagalan Jorge Martin.

Melesat dari pole, Martin membangun keunggulan 3,5 detik yang nyaman dengan 10 lap tersisa, namun aspirasi kemenangannya gagal secara spektakuler di tahap akhir balapan. Memimpin selama 26 lap dan 3 tikungan dari jarak 27 lap, Martin tidak bisa menahan Johann Zarco dan rival gelar Bagnaia untuk menyalipnya di Miller Hairpin.

Setelah itu, Martin menjadi bulan-bulanan Fabio di Giannantonio dan Brad Binder yang membuatnya kembali turun ke posisi kelima saat melintasi garis finis.

Martin harus menyerahkan kemenangan kepada rekan setimnya tersebut. Rival utamanya, Francesco Bagnaia, menyusul Zarco dan Fabio Di Giannantonio menyusul pada urutan ketiga.

“Sekarang sangat mudah untuk memahami apa pilihan (ban) yang terbaik, tetapi itu adalah rencana saya 100 persen untuk menggunakan ban lunak,” katanya. “Saya sudah mencobanya dan tidak berhasil.

“Saya hanya melakukan tujuh lap dengan ban medium (dalam latihan), saya tidak banyak mencobanya. Mungkin ini masalahnya. Saya banyak mengendarai dengan ban lunak dan saya pikir ini adalah ban untuk balapan.

“Saya lebih suka mencoba untuk menjauh, ini adalah strategi saya, tapi mungkin saya bisa melakukannya dengan ban medium. Kita tidak akan pernah tahu. Saya sangat yakin bahwa ban soft adalah ban yang tepat untuk dipilih.”

Ketika ditanya kapan ia menyadari bahwa ban soft tidak akan bertahan lama, Martin menjawab, “Dengan tujuh lap tersisa, saya melihat bahwa saya dalam masalah karena mereka mengejar dengan 0,4 detik (per lap) dan saya terlalu memaksakan diri.

“Saya berusaha keras mengerem dan sedikit menambah kecepatan di tikungan, tapi saya tidak punya tenaga, tidak punya cengkeraman belakang dan tidak punya ban… Saya mencoba untuk finis sebaik mungkin dan ini adalah posisi kelima.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini