ARIPITSTOP.COM –  Vespa Elettrica pertama kali meluncur di pameran EICMA Milan, Italia pada 2017 silam. Kendaraan tersebut menjadi motor listrik pertama pabrikan yang dijual secara global. Motor listrik itu telah meluncur lebih dulu di Eropa dan Amerika Serikat. Semenjak pertama Kali diproduksi di Italia tahun 2018 akhirnnya di Pertengahan 2023 ini Vespa Elettrica skuter listrik ikonik dari Italia dihadirkan PT Piaggio di Indonesia dan dijual dengan Harga Rp 198 jutaan OTR Jakarta. Vespa Elettrica hadir dalam balutan warna Azzurro Elettrico dan sudah tersedia di dealer Motoplex 4 Brand Nationwide.

Vespa Elettrica ditenagai oleh baterai lithium-ion voltase 48 Volt dengan kapasitas 86 Ah. Untuk mengisi daya, cukup menarik kabel dari kompartemen di bawah jok, di mana biasanya terletak tutup bahan bakar, dan menyambungkannya ke stop kontak langsung. Para pemilik motor ini juga bisa memasangkan kabel ke stasiun pengisi daya publik.

Kmudian untuk proses pengecasan Baterai, waktu standar yang dibutuhkan untuk pengisian penuh adalah setidaknya 4 hingga 8 jam (dengan tegangan 220 V dan tergantung pada kondisi sekitar serta suhu baterai saat pengisian). Baterai Vespa Elettrica telah memenuhi sertifikasi IP65, menjadikannya tahan terhadap debu dan air tekanan rendah. PT Piaggio Indonesia juga memberikan garansi baterai selama 3 tahun.

Sementara Power Unit di dalam Vespa Elettrica mampu memberikan daya sebesar 3,6 kW dan daya puncak 4 kW, dengan torsi sekitar 200 Nm. Motor listrik asal Italia ini memiliki jarak tempuh hingga 100 km dalam mode ECO. mode Eco membuat skuter listrik tersebut melaju dengan kecepatan hingga 40 km/jam. Sementara, jarak maksimal 70 kilometer menggunakan mode POWER. Pada mode Power kecepatan maksimumnya bisa mencapai 67-70 km/jam Selain itu, juga didukung fitur Kinetic Energy Recovery System (KERS) yang membantu efisiensi pengisian daya. Fitur ini memungkinkan mengisi ulang baterai selama fase perlambatan kecepatan saat berkendara. Model ini juga dilengkapi mode Reverse guna memudahkan saat mundur atau parkir.

Vespa Elettrica memiliki fitur sistem VESPA MIA yang memungkinkan pengguna untuk menghubungkan smartphone ke kendaraan melalui Bluetooth. Informasi disampaikan dalam panel instrumen digital yang menggunakan layar TFT berwarna ukuran 4,3 inci.

Secara tampilan Vespa Elettrica mirip-mirip Primavera yang dijual di Indonesia. Hanya saja, pabrikan melaburinya dengan kelir khas motor listrik, yakni perpaduan warna silver dan aksen biru muda. Namun, ada juga yang warnanya merah terang. Vespa Elettrica hadir dalam balutan warna Azzurro Elettrico, dengan Harga Rp 198 jutaan OTR Jakarta.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini