ARIPITSTOP.COM – Akhirnya kali ini Aripitstop bisa merasakan sensasi Yamaha Lexi LX 155 yang sekaligus diajak touring keliling Jawa Tengah dalam tajuk MAXi Flash Trip Jawa Tengah pada tanggal 24-26 Februari 2024. Perjalanan selama 3 hari menggunakan motor terbaru dari varian Lexi yang kini sudah memakai mesin Bluecore terbaru dengan kapasitas 155cc. Perjalanan selama 3 hari menempuh total jarak 222 km dari kota Semarang-Salatiga-Kopeng-Magelang dan hari terakhir city touring di kota Yogyakarta.

Perjalanan touring Lexi LX 155 MAXi Flash Trip sendiri diawali di hari pertama dengan kegiatan city touring di area perkotaan Semarang yang mengambil titik keberangkatan dari Yamaha Flagship Shop Semarang menuju Kota Salatiga. Menempuh jarak lebih dari dari 50 km, rombongan touring melalui jalur berkelok dan menanjak seperti di Ungaran dan Bawen.

Setelah beristirahat sejenak di Salatiga tepatnya di Dealer Donny’s Motor, rombongan berlanjut naik keatas pegunungan di daerah Kopeng. untuk berkumpul dengan komunitas dan menikmati suasana sunset di sekitar Gunung Merbabu dan Telomoyo. Perjalanan berakhir turun kembali ke kota Salatiga untuk bermalam.

Pada hari kedua, para rombongan start dari kota Salatiga menuju ke Gunung Telomoyo, perjalanan yang dihiasi beragam tanjakan dan belokan khas pegunungan. Sampai di Telomoyo, menikmati dingin dan sejuknya sekitar Gunung Merbabu, perjalanan berikutnya yang dihiasi dengan hujan, para rombongan menuju kota Magelang melewati jalur Ketep Pas. Yap, perjalanan di hari ketiga ini lebih banyak menikmati keindahan alam pegunungan, menikmati handling licahnya Lexi LX 155.

Pemandangan menakjubkan ketika melewati jalur Ketep Pas yang merupakan area terdekat dari Gunung Merapi. Sore harinya sampai di Kota Magelang meski hujan turun tetap dilibas menuju kota Yogyakarta.

Lanjut di hari ketiga, setelah dua hari menikmati Lexi LX 155 lebih banyak di Pegunungan, kini refresh perjalanan area kota Pelajar, yap… city touring di kota Yogya yang ternyata tak ada kemacetan separah di kota Jakarta.

Perjalanan touring bersama Lexi LX 155 selama 3 hari ini memberikan tersendiri buat Aripitstop, karena jika biasa sesi tes ride hanya di aera yang terbatas saat sesi perilisan motor baru, kini bisa merasakan lebih dalam lagi dengan perjalanan touring.

Aripitstop memliki postur tubuh dengan tinggi 173cm dan bobot 70kg, disandingkan dengan Lexi LX 155 yang sebenanrya memiliki spek dimensi tak jauh beda dengan Lexi 125. Motor ini memiliki bobot 118kg dengan panjang 1970mm, lebar 720mm dan tinggi 1135mm. Dari segi riding position, duduk diatas jok Lexi LX 155 masih jinjit, karena karena ketinggian joknya naik dari sebelumnya 750mm kini menjadi 770mm, namun tetap berasa tidak naik karena Yamaha merubah bagian busa jok depan lebih tirus sehingga posisi kaki tidak melebar banget.

Ketika kedua tangan memegang stang, gaya ridingnya tetap khas Lexi 125, enak buat riding perkotaan ataupun touring, kedua bahu tangan tidak cepat pegal karena rasa nyantai saat riding.

Kemampuan manuver Lexi LX 155 terasa banget perbedaannya, terlebih dengan kenaikan power yang cukup signifikan membuat manuver semakin gesit. Pemilihan rute yang kompleks dari perkotaan hingga pegunungan tentunya semakin memperdalam kesan riding bersama Lexi LX 155, keunggulan matic satu ini semakin tergali dalam.

Yap berbicara soal mesin Lexi LX 155 memang sudah memakai mesin Bluecore generasi terbaru. Mesin sudah benar2 baru terlebih pemakaian Tensioner tipe Hidrolik Oil dan permukaan Cylinder yang semakin klincong karena speknya sudah kembali mirip ke cylinder old Vixion 3C1. Perubahan terasa karena mesin terasa lebih halus getarannya. Perubahan mesinn terbaru ini mungkin kedepannya akan diturunkan pada mesin Maxai lainnya seperti Aerox dan All New Nmax.

Ketika diajak riding di keramaian kota semarang dan Yogyakarta, motor yang kini tak lagi smoth tarikan awalnya justru kini semakin galak dibandingkan All New Nmax. Melewati jalan raya Semarang – Salatiga yang lancar, motor ini ternyata semakin enak betotannya, grip gas ditarik tak butuh lama untuk mendapatkan power atas. Terlebih ketika fitur VVA sudah aktif di sekitar 5500 rpm, motor jadi semakin galak.

Sesampainya di Salatiga, sejenak istirahat di Dealer Yamaha Donny’s Motor Tingkir, para peserta touring #MaxiFlashTripCentralJava , melanjutkan perjalanan untuk menikmati suasana sunset di Kopeng. Diajak naik ke daerah pegunungan, power dari motor ini sangat enjoy menikmati tikungan dan berbagai tanjakan khas pegunungan. Yang saya rasakan justru tenaganya lebih besar dari All New Nmax.

Apalagi ketika di hari kedua, start dari kota Salatiga dan kembali naik ke Kopeng menuju Gunung Telomoyo lanjut menikmati hujan-hujanan di jalur Ketep Pas, betapa nikmatnya perjalanan lewat jalur ini menuju kota Magelang. Kelokan tanjakan tajam turunan curam, komplit banget disini.

Dengan power yang lebih besar dari All New Nmax dan ditambah dengan bobot yang lebih ringan, tak pelak motor ini akslerasinya memang lebih enak. Senggol gas dikit, tanjakan curam bukan masalah bagi Lexi LX 155.

Motor yang saya pakai kebetulan Lexi LX 155 Connected ABS, system ABS bekerja dengan baik ketika dilakukan pengereman mendadak, pakem. Rem belakang yang masih tromol juga terasa megigit baik itu saat cuaca panas ataupun hujan.

Bagian suspensi, suspensi depan memang sejak Lexi 125 sudah terasa empuk, namun kini tidak ada lagi terasa jedug/benturan ketika direm mendadak. Bagian sok belakang juga kini mendapatkan improve spesifikasi yang menjadikan sok belakang tipe tunggal ini semakin empuk untuk diajak riding namun tetap nyaman untuk bermanuver.

Berapa konsumsi BBMnya? wow… mantep juga motor ini… diajak touring sepanjang 222 km, melewati jalur perkotaan dan pegunungan, total Averagenya 45,7 km/liter. Untuk lebih detailnya akan saya bahas di artikel terpisah ya.

Tertarik dengan Lexi LX 155 setelah baca artikel ini, monggo dipilih 3 tipe varian LEXi LX 155 Connected/ABS seharga Rp 29.900.000, LEXi LX 155 S Version seharga Rp 26.850.000 dan juga LEXi LX 155 (standard) seharga Rp 25.350.000.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini