ARIPITSTOP.COM – Secara mengejutkan, Dorna mengumumkan Tim asal Malaysia, CrytoDATA RNF MotoGP Team dicoret dari daftar peserta MotoGP 2024, karena telah melanggar perjanjian partisipasi berulang kali hingga berdampak pada citra MotoGP.

Komite Seleksi MotoGP yang terdiri dari anggota FIM, IRTA, dan Dorna Sports, memutuskan untuk tidak memasukan CrytoDATA RNF meski tim punya kontrak untuk balapan di MotoGP sampai 2026.

Meski tidak diterangkan secara rinci akar permasalahan yang terjadi, menurut Komisi GP, hal ini diakibatkan karena pelanggaran berulang dan pelanggaran perjanjian partisipasi yang dilakukan team ini dimana menurut Komisi GP dapat mempengaruhi citra publik MotoGP sampai akhirnnya mengharuskan keputusan ini hadir.

Melansir dari Speedweek, permasalahan utama yang menghinggapi internal tim tersebut berkaitan dengan keuangan. Bahkan kabarnya tim tersebut belum membayarkan gaji untuk kru tim mereka sendiri. Gaji untuk bulan Desember 2023 pun juga sudah dikhawatirkan para anggota tim.

Meski timnya sudah dicoret, para pembalapnya tetap akan tampil di MotoGP 2024, Miguel Oliveira dan Raul Fernandez akan tetap balapan pada musim depan, karena kontrak mereka terikat bersama tim pabrikan Noale.

Begitu pula para mekanik dan kru serta mesin motor juga masih akan sama. Kabarnya, slot CryptoDATA RNF akan diambil oleh tim asal Amerika Serikat, Nascar Cup Team Trackhouse.

Pernyataan MotoGP:

FIM, IRTA dan Dorna tidak akan memperbarui kontrak dengan Tim MotoGP CryptoDATA RNF Senin, 27 November 2023

“Panitia Seleksi MotoGP, yang terdiri dari anggota FIM, IRTA dan Dorna Sports, telah memutuskan untuk tidak memilih Tim MotoGP CryptoDATA RNF untuk musim 2024.

“Pelanggaran berulang dan pelanggaran terhadap Perjanjian Partisipasi yang mempengaruhi citra publik MotoGP mengharuskan keputusan ini.

“Panitia Seleksi akan meninjau lamaran untuk Tim Independen baru, yang menggunakan mesin Aprilia, untuk bergabung dengan grid kelas MotoGP pada tahun 2024.

“Informasi lebih lanjut mengenai masalah ini akan menyusul pada waktunya.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini