ARIPITSTOP.COM – Ini menjadi sebuah tonjokan termahal di MotoGP, pasalnya FIM Stewards menjatuhkan hukuman berat untuk pembalap Aprilia Racing, Aleix Espargaro, usai kedapatan memukul kepala Franco Morbidelli dalam sesi latihan bebas kedua (FP2) MotoGP Qatar di Sirkuit Lusail pada Sabtu (18/11/2023).

Insiden ini bisa terjadi awalnya Espargaro dan Morbidelli berada di lintasan. Pembalap Yamaha Factory Racing itu baru saja melewati pembalap Aprilia tersebut di Tikungan 5 sebelum Espargaro membalas dengan melakukan hal yang sama di Tikungan 6. Keduanya saling bersenggolan saat mencoba masuk.

Mereka melebar sebelum Espargaro yang marah memukul helm Morbidelli saat pembalap Italia itu memberi isyarat kepada pembalap Aprilia itu untuk menenangkan diri.

FIM Stewards memutuskan melakukan investigasi usai sesi kualifikasi berakhir. Espargaro pun akhirnya dijatuhi dua jenis hukuman.

Yang pertama adalah hukuman mundur enam posisi start untuk balapan Grand Prix pada Senin (20/11/2023) dini hari WIB. Espargaro menduduki posisi 10 dalam sesi kualifikasi, sehingga ia harus start dari posisi 16. HUkuman ini hanya berlaku pada balapan hari Minggu, tidak untuk Sprint Race.

Yang kedua, Espargaro harus membayar denda 10 ribu euro (sekira Rp168,3 juta).

Sebuah pernyataan dari Steward berbunyi, “Pada 18 November 2023 pukul 15:07.19, saat sesi Latihan Bebas 2 Grand Prix Qatar, Anda teramati berperilaku agresif, termasuk menyerang secara fisik pembalap nomor 21 (Morbidelli).

“Hal ini bertentangan dengan Pasal 3.2.2.2 Peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM (yang menyatakan) ‘setiap tindakan korup atau curang, atau tindakan apa pun yang merugikan kepentingan pertemuan atau olahraga, yang dilakukan oleh seseorang atau sekelompok orang yang terjadi selama pertandingan berlangsung’.

“Oleh karena itu, hal ini merupakan pelanggaran terhadap Peraturan Kejuaraan Dunia Grand Prix FIM, karena merugikan kepentingan olahraga.

“Untuk alasan di atas, FIM MotoGP Stewards Panel telah menjatuhkan denda sebesar 10.000 euro dan penalti 6 Posisi Grid untuk balapan MotoGP Qatar (sesuai dengan pasal 3.2.1 dan 3.3.2.3.)”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini