ARIPITSTOP.COM – Honda resmi merilis versi terbaru dari CB650R dan CBR650R, kedua motor ini mendapatkan penyegaran baik itu dari segi desain maupun teknologi. CB650R 2024 tetap mempertahankan desain tampilan ala street car klasik khas ala Neo Sports Café.

Soal mesin, motor ini mengusung mesin empat silinder 649 cc mampu menghasilkan tenaga maksimal 95 ps @ 12.000rpm dan torsi maksimal 63Nm @ 9.500rpm.

Fungsi instrumen TFT dan koneksi ponsel yang kini menjadi standar di hampir semua model motor juga tersedia pada CB650R, dengan saklar berdesain baru untuk meningkatkan kenyamanan penggunaan. Selebihnya termasuk garpu depan terbalik Showa SFF-BP, kaliper radial depan , Peralatan HSTC seperti sistem kontrol pelacakan juga merupakan fitur standar pada model baru ini.

24YMHONDACB650R

Yang menjadi sorotan terbesar pada facelift ini adalah CB650R dan CBR650R, menjadi model pertama Honda yang dilengkapi E-Clutch. Dengan teknologi ini, pada saat riding kita akan terbebas dari kendala pengontrolan kopling secara manual alias tidak perlu menekan tuas kopling baik itu saat menurunkan atau menaikkan gigi. Namun, masih ada opsi versi manual secara elektrik, kita dapat memilih apakah akan mengaktifkan fungsi E-Clutch atau akan memakai kopling manual.

Honda E-Clutch

Sebenarnya penggunaan E-Clutch ini hampir mirip Quickshifter namun dengan konfigurasi yang justru lebih sederhana dalam pengoperasiannya secara teknikal.

Dalam pengoperasiannya, Honda E-clutch, Pengendara hanya perlu mengoperasikan pedal shift untuk perubahan gigi yang sangat cepat dan konsisten, membawa kenikmatan ekstra untuk berkendara sporty. Tuas kopling juga tidak diperlukan saat menarik diri atau berhenti.

Fitur ini akan langsung aktif setelah mesin dihidupkan, dan canggihnya juga sistem Honda E-Clutch ini tetap bisa diatur dengan kedua skenario dengan lancar, yaitu E-Clutch aktif atau kita ingin memakai kopling manual seperti biasanya dan mereka dapat mengoperasikan tuas kopling seperti biasa, tinggal diatur saja lewat speedometer.

ENGINE

Honda CBR650R

Honda CB650R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini