ARIPITSTOP.COM – Setelah vakum selama tiga tahun akibat pandemi, akhirnya Honda Bikers Day untuk ke 12 kalinya digelar di kota Malang. Antusiasme yang luar biasa dari para Biker, Puluhan ribu Biker Honda dari Sabang sampai Merauke ngumpul di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10).

HBD pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), kemudian tahun berikutnya diselenggarakan di Jatinangor, Sumedang, Jawa Barat (2010), Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum, Banten (2013), Pantai Pandawa, Bali (2014), Pantai Teleng, Pacitan, Jawa Timur (2015), Pantai Boom, Banyuwangi, Jawa timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017), Pangandaran, Jawa Barat (2018), lalu Ambarawa, Jawa Tengah (2019).

Sebelum acara puncak HBD 2023 digelar, rangkaian acara HBD 2023 dimulai dengan penyelenggaraan HBD Regional. Total 9.500 bikers Honda dari ratusan komunitas dan pecinta motor Honda tercatat memeriahkan gelaran HBD Regional yang digelar di Sumatera, Kalimantan dan Sulawesi.

Dan puncak acara HBD 2023 digelar di di Lapangan Rampal, Malang, Jawa Timur, Sabtu (28/10). Ada alasan tersendiri kenapa HBD yang sudah vakum selama 3 tahun tiba2 dilaksanakan di kota Malang Jawa Timur. Seperti aspirasi dari para komunitas setempat, kemudian kesiapan tempat tersebut untuk menggelar event komunitas Honda tersebesar di Indonesia ini.

“Pada dasarnya event ini adalah dari Bikers dari komunitas untuk Bikers juga, jadi tentunya ya tergantung aspirasi komunitas sendiri, itu yang pertama.” ujar Andy Wijaya selaku General Manager Marketing Planning & Analysis Division AHM.

“Lalu yang kedua tentunya juga melihat animo dari komunitas setempat, kesiapan juga dari paguyuban setempat.”

Ternyata untuk mengadakan sebuah event yang besar juga harus mempertimbangkan jalur touring, apalagi ini berkaitan dengan komunitas yang doyan dengan touring, tentu suka dengan jalur serta pemandangan yang bisa memanjakan mata.

“Dan diluar itu juga kita perhatikan kan kalau kita ngomong HBD pasti erat dengan touring, nah jalur touringnya bagaimana, infrastrukturnya bagaimana, infrastruktur itu terkait dengan akses antar kota, penginapan, terkait juga tempat makan dan itu juga kita pertimbangkan. Karena bisa jadi belum tentu semua di objek wisata lebih bagus, bisa jadi kayak sekarang di dalam kota pun karena ini juga di kota wisata masih bisa memungkinkan.”

“Nah yang kelima kita juga ingin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi maupun juga berkontribusi ke lokal-lokal bussiness maupun tourism yang ada.” pungkas Andy Wijaya.

Sebagai tempatnya ajang berkumpul para bikers Honda dari seluruh Honda, tentunya banyak bikers Honda yang melakukan perjalanan motor meski dari tempat yang jauh, bahkan ada yang dari Aceh rela touring ke Malang demi menghadiri HBD. Untuk itu AHM mengcover asuransi perjalanan mereka baik itu perjalanan pergi ke Malang sampai pulang lagi ke rumah masing-masing.

“Honda Bikers Day 2023 tercatat ada sekitar lebih dari 750 klub motor komunitas Honda yang join ke event hari ini, kalau dikatakan mana yang paling jauh, ya tadi sekilas sempat ngobrol dengan beberapa komunitas ada yang dai Aceh di sisi barat dan juga dari sisi timur dari Jaya pura, itu yang terjauh, saya salut dengan mereka.” ujar  Bayu Satya selaku Manager Community Development Dept.

“Terkait dengan perjalanan para bikers yang menuju lokasi event HBD di Malang, kita tentunya memberikan asuransi baik itu pada saat perjalanan pergi menuju ke Malang maupun ketika hendak pulang. Saat ini kita memakai asuransi Astra Buana.” pungkas pak Bayu.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini