ARIPITSTOP.COM – Akbat maraknya kendaraan yang memakai plat RF yang diduga kerap melanggar lalu lintas bahkan terkesan arogan di jalan raya, kini akhirnya pihak Kepolisian resmi menghapus plat nomor sakti tersebut. Mobil dengan pelat RF dipastikan tak lagi beredar di jalan mulai Oktober 2023.

Adapun keberadaan plat nomor dengan kode RF sebagai plat nomor khusus itu digantikan oleh plat berkode ZZ. Dijelaskan Yusri pada Juni 2023, pelat nomor khusus ini akan digunakan oleh Eselon 1, Eselon 2, Kementerian dan Lembaga, serta TNI/Polri. Adapun kode baru yang disiapkan adalah ‘Z’ dengan angka depan 1.

Untuk mendapatkan plat nomor khusus ini, ada mekanisme pengajuan yang harus dilakukan oleh setiap kementerian/lembaga, TNI maupun Polri. Permohonan plat nomor khusus diajukan kepada Baintelkam Polri, dengan tebusan ke Propam Polri untuk pejabat Polri, POM TNI untuk pejabat TNI, dan inspektorat untuk pejabat di kementerian/lembaga.

foto: gridoto.com

Aturan pengajuan ini serta pembatasan pengguna nomor khusus dan rahasia dilakukan agar memudahkan Korlantas Polri menindak pelanggaran yang dilakukan oleh kendaraan-kendaraan yang menggunakan pelat khusus dan rahasia tersebut.

“Jadi tidak ada lagi itu plat nomor khusus atau rahasia ini dipakai oleh orang yang bukan pemiliknya,” ujar Direktur Registrasi dan Identifikasi Kendaraan Bermotor (Dirregident) Korlantas Polri Brigjen Pol Yusri Yunus, dilansir dari CNN Indonesia.

Dengan adanya permohonan ini, maka dapat dengan mudah mengirimkan surat tilang kepada pejabat berwenang terkait tiap-tiap kementerian/lembaga (inspektorat, POM TNI, Propam Polri).

Bukan hanya kode “RF” saja, untuk plat nomor rahasia seperti QH, IR, BH juga sudah tidak berlaku lagi. Plat rahasia ini akan berubah menggunakan huruf acak yang hanya diketahui oleh database Korlantas Polri dan kamera ETLE.

“Nomor rahasia yang boleh itu intelijen, kalau di polisi itu reserse intel. (Pelat) itu untuk penyusupan apa hurufnya? Enggak ada yang tahu yang tahu cuma kamera ETLE dan database saya. Itu rahasia jadi polisi di jalan enggak tau itu nomor rahasia atau bukan,” ujar Yusri.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini