ARIPITSTOP.COM – Setelah kemarin sempat bocor penampakan unitnya yang sudah ada di Australia, kini pengumuman perilisan Ninja electric semakin dekat dengan kenyataan. Dan pada tanggal 14 September 2023 kemarin Kawasaki secara global mengumumkan peluncuran dua model sepeda motor listrik pertamanya untuk beberapa Negara : Kawasaki Ninja e-1 dan Kawasaki Z e-1.

Dua model Kawasaki Ninja e-1 dan Kawasaki Z e-1, memiliki spesifikasi yang sama, hanya saja keduanya dibedakan model desains aja yaitu antara Naked bike dengan sport bike. Kawasaki Ninja e-1 dan Kawasaki Z e-1 dikategorikan masuk dalam kelas motor 125cc, jadi untuk power motor jangan terlalu berharap banyak untuk sekelas motor sport motor bensin.

Melihat penampilannya, motor ini desainnya Ninja banget. Dari model fairing, kaki-kaki sampai speedometer mirip banget Kawasaki Ninja terbaru. Bahkan mirip juga model lampu LED, sampai cakram 290 mm depan, lalu 220 mm di belakang model wave. Kalipernya model Nissin 2 pot depan-belakang, yang dipakai Kawasaki Ninja 250 sampai 400.

Rangkanya model trellis, untuk mengangkut motor listrik tipe Air-cooled permanent magnet synchronous motor.

Motor ini memakai tipe baterainya Lithium ion voltase 50.4V. Motor ini memakai dua baterai yang terletak di dalam semcam tangki di depan, yang baterai gandanya dapat dilepas dan dihubungkan secara paralel, yang menurut Kawasaki memberikan “keuntungan dalam penggunaan daya yang lebih efisien,” dibandingkan dengan menghubungkan secara seri.

Setiap baterai menawarkan kapasitas nominal 30Ah, artinya ada total kapasitas di setiap sepeda sebesar 60Ah berkat pemasangan baterai. Dengan tegangan nominal 50,4V, energi maksimum yang dapat disimpan dalam sepasang baterai adalah 3,024kWh. Setiap baterai berbobot 11,5kg dan memerlukan waktu 3,7 jam (tiga jam 42 menit) untuk mengisi daya.

Kawasaki menyebutkan jika motor ini berjalan rata-rata 49Wh/km, maka akan dapat berjalan hingga jarak tempuh 61,7km (38,3 mil), meskipun Kawasaki menyebutkan 72km dalam kondisi WMTC Kelas 1.

Ada dua mode berkendara yang dapat dipilih pada kedua motor ini, Eco dan Road, dan di sinilah performa keduanya mulai berbeda. Dimana Ninja e-1 memiliki kecepatan tertinggi 64km/jam (40mph) pada mode Eco, kecepatan tertinggi Eco Z e-1 adalah 62km/jam (39mph). Kecepatan tersebut dapat ditingkatkan, menggunakan mode ‘E-Boost’ yang dapat dipilih melalui layar TFT, masing-masing hingga 75km/jam (47mph) dan 72k/jam (45mph).

Sedangkan untuk mode jalan raya. Ninja E01 dapat melaju 88km/jam (55mph)  dan dalam kondisi E-Boost dapat melaju hingga 99km/jam (62mph), dan untuk Z e-1 dapat melaju 85km/jam (53mph) dan dalam kondisi E-Boost dapat melaju hingga 99km/jam (62mph).

Rencananya akan mulai dijual di Eropa pada bulan Oktober. Apakah akan dirilis juga di Indonesia?.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini