ARIPITSTOP.COM – Kawasaki Indonesia baru saja merilis Ninja E-1 dan Z E-1, kedua motor ini merupakan motor sport yang berjenis motor listrik. Spesifikasinya motor ini setara dengan motor bensin berkapasitas 125cc, dibanderol Rp 149,9 Juta rupiah Buat Ninja E-1 dan Rp 146,9 Juta rupiah Buat Kawasaki Z E-1. Lalu kenapa motor ini justru lebih mahal dari Ninja ZX-25R yang justru tenaganya jauh lebih besar.

Soal harga motor listrik, ini yang masih jadi kendala di Indonesia, karena harga motor listrik tidak bisa ditekan sama atau hanya lebih mahal sedikit dibandingkan motor bensin. Kalau melihat motor listrik yang dijual oleh pabrikan Jepang, harga motor listrik bisa setara dua atau tiga kali lipat dengan harga motor bensin yang setara speknya. (note: jangan samakan dengan motor listrik pabrikan asal Cina).

Salah satu contoh PT Astra Honda Motor juga belum lama ini resmi menjual motor listriknya, Honda EM1 e dibanderol sekitar Rp 40 juta – Rp 45 juta. Padahal harga Honda Beat tak menyentuh angka Rp 20jutaan.

Salah satu yang jadi kendala harga motor listrik sangat tinggi adalah pada komponen baterai, tengok saja harga Baterai Honda EM1 e itu sudah dipatok oleh Honda berkisar Rp 10 juta – Rp 12 juta.

Maka tak heran kalau Kawasaki juga membanderol Ninja E-1 dan ZE-1 dengan banderol yang mahal. Kedua motor dibanderol Rp 149,9 Juta rupiah Buat Ninja E-1 dan Rp 146,9 Juta rupiah Buat Kawasaki Z E-1. Lalu harga dari Baterainya sendiri adalah di kisaran Rp 45 juta, wow… kerenkan harganya.

Dilansir dari Kompas.com, Michael C. Tanadhi, Head Sales & Promotion PT KMI, mengatakan, tingginya banderol kedua motor listrik ini salah satunya disebabkan karena mahalnya harga baterai. “Harga baterai di kisaran Rp 45 juta, garansinya satu tahun,” ujar Michael di Jakarta (17/11/2023). Artinya, harga baterai Ninja e-1 dan Z e-1 sekitar 30 persen dari harga motornya, atau hampir setengah dari harga perkiraan yang ditetapkan KMI.

1 KOMENTAR

  1. berarti siap siap yg dicolong itu baterenya aja karna 45 jeti motornya ya dibiarkan saja ,seperti diluar negeri maling katalik konverter pd knalpot dan mobilnya ya dibiarkan saja yg diambil bagian tsb karna harga nya itu 20 jeti untuk mobil mewah kalau sekelas lgcc dan diatasnya dikit hy 5-7 jeti saja hy di Indonesia msh blm marak maling katalik konverter tsb

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini