ARIPITSTOP.COM – Sempat heboh soal silicate yang dikira sebagai karatan di rangka motor baru, Honda pernah memberikan klarifikasi ke khalayak umum bahwa warna kuning tersebut bukanlah sebuah karatan melainkan Silicate yang merupakan efek samping dari proses pengelasan pada rangka. Dan ternyata warna kuning tersebut tidak hanya menghinggapi di rangka motor baru milik Honda melainkan motor baru punya Yamaha juga demikian, dan pihak Yamaha menjelaskan bahwa Silicate itu wajar dan normal tidak perlu dipermasalahkan karena bukan karat justru melindungi agar tidak terjadi karat.

Yamaha menyebut noda kuning yang ada di rangka motor sebagai sesuatu yang wajar. Noda kuning yang biasanya ada pada bagian las-lasan tersebut biasa disebut sebagai silicate. Menurut Yamaha, silicate bukanlah karatan, melainkan lapisan yang justru berfungsi melindungi rangka motor dari karatan.

Production Director YIMM Teddy C. Yacob, silicate bisa timbul karena proses pengelasan. Silicate awalnya adalah lapisan silikon. Karena silikon sifatnya tidak bisa menghantarkan panas.

“Mengenai silicate, itu tidak ada masalah. Itu adalah proses yang umum. Dan saat proses welding kita tidak menggunakan karbon lagi, kita pakainya robot yang 100 persen menggunakan CO2. Jadi ada komposisi silikon, di mana silikon sifatnya bukan penghantar, jadi tidak terikat dengan kutub positif ke negatif. Tapi kondisi silicate itu lebih baik dibandingkan dengan kondisi chemical lain, itu bisa sebagai penghambat yang lebih kuat terhadap karat. Image-nya saja yang yellowish (noda menguning) karena proses treatment dan sebagainya. Itu kita perlu edukasi lebih banyak mengenai hal ini,” bilang Teddy.

Dan jauh hari sebelumnya, pihak Honda juga mengundang media dan blogger untuk dijelsakan secara detail apa itu sebenarnya Silicate dan penyebabnya.  Mendengar penjelasan dari Subhan, Technical Service Manager AHM, meyakinkan bahwa Silicate yang menempel pada rangka eSAF milik Honda adalah hal yang wajar.

” Bercak kuning yang terdapat pada las-lasan di rangka eSAF merupakan silikat (Silicate). Lapisan Silikat itu bukan karat, lapisan itu justru melapisi frame supaya enggak terjadi oksidasi,” serunya.

Untuk lebih detail penjelasannya, bisa dilihat video dibawah ini:

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini