ARIPITSTOP.COM – Dari beberapa produk Yamaha yang paling sering mendapatkan update refresh dari segi desain maupun engine, salah satunya adalah Yamaha Nmax. Dirilis pertama kalinya tahun 2015, tercatat sudah tiga kali mendapatkan penyegaran, artinya motor ini akan mendapatkan penyegaran setiap 3 tahun sekali. Lalu perubahan apa saja yang akan terjadi di Nmax 2024?.

Lahir pertama kali tahun 2015, Nmax langsung menjadi idola baru para pengguna motor di Indonesia. Karena motor matic yang desainnya gambot, mesin lebih bertenaga dan motor ini menjadi peralihan para biker motor sport yang ingin memakai motor matic. Alhasil penjualan motor ini langsung meledak.

Tak pelak, kehadiran Nmax sekaligus membuat motor matik tidak hanya di dominasi oleh dimensi ringkas, tapi juga bongsor. Bahkan matik semakin menggila dan menggerus pasar motor sport. Bahkan, Dunia juga demam Nmax, karena Motor ini juga laris manis diekspor ke berbagai negara, baik itu di Asia termasuk ke Jepang, kemudian di Eropa sampai Amerika.

Pada tahun 2015 yang lalu, Nmax langsung hadir dengan pilihan rem ABS dan Non ABS, dengan berbagai fitur dan spesfiikasi mesin yang mumpuni. Dengan kapasitas mesin 155cc, performa NMAX diklaim paling besar dibandingkan kompetitor kala itu, karena tenaga dan torsinya paling besar di kelasnya yakni tenaganya 11.1 kW@8000 rpm dan torsinya 14.4 Nm@6000 rpm.

Kemudian pada tahun 2017, Yamaha Nmax mendapatkan refreshmen oleh Yamaha dengan merubah bagian sok belakang dan tampilan di Speedometer, secara desain umum masih tetap sama. Pada bagian Sok belakang yang mendapatkan masukan jika bantingannya agak keras, oleh Yamaha diupdate dengan merubah sok memakai tipe tabung.

Nmax facelift 2017 juga punya perbedaan dari sisi panel instrumen. Bagian Speedometer yang sebelumnya setengah membulat berubah menjadi bentuk kotak persegi panajng dengan model inverted. Layar jadi biru gelap, sementara indikatornya putih.

Dan pada akhirnya pada Desember 2019 lahirlah New Nmax dengan desain, mesin dan fitur yang semuanya berubah. New Nmax kali ini punya tampilan lebih berotot dengan lekuk-lekuk tubuh lebih kuat terasa. Kemudian desain lampu depan dan belakang dibuat lebih pipih, sehingga terkesan agresif.

Perbedaan lain ada di jantung mekanis. Walau sama-sama pakai kapasitas 155cc dengan teknologi VVA, namun jeroannya beda. Nmax generasi kedua dibuat jauh lebih bertenaga. Sementara torsi sedikit dikurangi.

Yamaha juga memberi berbagai fitur modern khusus di varian tertinggi. Speedometer yang sanggup terkoneksi smartphone (Y-Connect), keyless, bahkan ada pilihan traction control.

Lalu apa yang akan terjadi pada New Nmax 2024?, yap… dari hasil penelusuran yang saya lakukan, New Nmax 2024 nantinya akan mengalami perubahan yang signifikan karena dari desain dan mesin akan beruah total.

Kenapa tahun 2024?, kita lihat sejarah life cycle khusus Nmax ini memang paling aktif dilakukan oleh Yamaha karena menjadi salah satu produk unggulan. Tengok saja lahir tahun 2015, selang 2 tahun mendapatkan perubahan tepatnya pada akhir 2017, dan pada tahun 2019 kembali mendapatkan perubahan yang signifikan. Maka tak heran kalau di tahun 2024 nanti akan lahir generasi terbaru dari Nmax.

New Nmax nanti akan mengusung mesin yang berubah dari sekarang, tetap mengandalkan VVA sebagai fitur unggulan, namun melihat dari power yang dihasilkan lebih besar…. hmhmhmhm… tidak mau kalah dengan kompetitor yang kini disebut sebagai matic 160cc.

Dan dari bocoran bagian desain, motor ini kita lihat dari sejak lahir mendapatkan desain yang klasik dan modern, lalu New Nmax lahir dengan desain yang lebih sporty. Terawangan yang sudah saya lakukan mengerucutkan pada desain lampu depan dan belakang semuanya berubah total, catet ya… lampu dengan dan belakang akan berubah dengan desain yang disebutkan lebih sporty.

Last… kapan motor New Nmax terbaru akan dirilis?, sabar… paling cepat akhir tahun 2023 atau semester pertama 2024, dengan catatan tidak ada perubahan jadwal launching ya… layak kita tunggu…!

7 KOMENTAR

  1. mencoba ikut menerawang,

    khusus mesin ada perubahan di bagian camshaft, piston, silinder head ambil basis R15 V4, in and ex ada sedikit pelebaran ukuran, berat roller naik 2gram.

    design belom menerawang, hehehe

  2. Body motor jangan bongsor banget kaya buritan belakang sekarang..kalo bisa kasih lekukan sudut tajemnya biar lebih cool enak diliat Dimata..mesinnya samain jadi 160cc VVA sebelum sebelah ikutan..inget kasus Vixion bos bikin model yg lebih fresh ?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini