ARIPITSTOP.COM – Jorge Lorenzo turut menanggapi penampilan buruk Honda-Yamaha di MotoGP. Menurut dia, era keemasan kedua pabrikan jepang di MotoGP sudah berakhir, kesalahan fatal menurut dia akibat memakai jasa test rider yang kurang sensitif untuk bisa mengembangkan motor untuk dipakai semua pembalap.

Menurut Lorenzo, pabrikan Jepang seperti Honda dan Yamaha tertinggal soal pengembangan motor. Seperti yang kita ketahui, jika Lorenzo pensiun pada akhir 2019, Lorenzo pernah menjadi test rider Yamaha pada 2020, sebelum didepak dan digantikan oleh Cal Crutchlow. Saat ini, Stefan Bradl memegang peran sebagai test rider utama Honda, dibantu Tetsuta Nagashima sebagai test rider mereka di Jepang.

“Ini era pabrikan Eropa, bukan lagi era pabrikan Jepang. Entah seberapa lama tren ini akan berlangsung. Saya rasa, baik Honda maupun Yamaha tak punya test rider yang benar-benar sensitif untuk mengembangkan motor yang benar-benar bisa dikendarai untuk semua orang,” ujar Lorenzo lewat GPOne.

Lorenzo menilai, Honda-Yamaha harus bekerja ekstra untuk bisa mengejar ketertinggalan dari pabrikan Eropa. Menurut dia, butuh kesabaran untuk bisa ‘merumuskan’ tunggangan terbaik di kompetisi.

“Mengalahkan Ducati tak bisa dilakukan dalam semalam. Anda harus tetap tenang, memahami apa yang harus dipertahankan dan apa yang harus diubah pada motor. Gigi telah melakukan pekerjaan dengan hebat sejak 2014. Secara perlahan, ia menjadikan Ducati motor terbaik, tetapi itu butuh waktu lama,”

Pria asal Spanyol ini juga mengklaim Honda tadinya mempertimbangkan segala masukannya ketika bekerja sama pada 2019 lalu. Apalagi kala itu Honda sudah dikenal sebagai motor yang sangat agresif. Sayangnya, semua terhenti akibat Lorenzo kecelakaan hebat di Assen, Belanda, dan cedera punggung sampai pensiun.

“Dulu, Honda mendengarkan saya. Saya pergi ke Jepang untuk melakukan beberapa pekerjaan dan membuat beberapa perubahan. Namun, saya jatuh dan cedera parah di Assen. Tanpa kecelakaan itu, saya pasti lanjut dengan Honda dan motor yang lebih cocok dengan karakter saya,” ungkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini