ARIPITSTOP.COM – Cerita sponsorship Aramco dengan VR46 Racing Team yang telah diumumkan selama berbulan-bulan akan tetap menjadi dongeng 1001 malam. Kisahnya memang menggelitik karena kisah ini sampai melibatkan Pangeran Arab Saudi yang ambisius namun ternyata tidak bisa menepati janji hingga akhirnya batal menjadi sponsor utama tim balap milik Valentino Rossi.

VR46 sejatinya sudah turun di MotoGP 2021, tapi melebur dengan Esponsorama Racing. Esponsorama sendiri memutuskan untuk mundur akhir tahun 2021, hingga slotnya diambil alih sepenuhnya oleh VR46 mulai musim 2022 sebagai full team.

Cerita ini berawal ketika tim balap milik Rossi ini berniat terjun penuh sebagai tim satelit di kelas MotoGP mulai musim 2022. SKY yang sebelumnya menjadi sponsor utama VR46 resmi mengundurkan diri, pencarian sponsor utama-pun dimulai. Perusahaan minyak milik Arab Saudi tiba-tiba menjadi sorotan, VR46 dikabarkan bakal disponsori oleh Aramco, lewat kerja samanya dengan Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan infrastruktur asal Arab Saudi milik Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud.

Pada bulan April 2021, pihak Tanal dengan VR46 sempat mencapai kesepakatan kerjasama, bahkan sempat mengeluarkan pernyataan resmi. Berikut pernyataan Resmi Tanal Entertainment Sport & Media pada bulan April 2021:

“Tanal Entertainment Sport & Media, perusahaan dari Pangeran Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, dengan bangga mengumumkan kesepakatan strategis yang penting dengan VR46 Team, perusahaan Valentino Rossi, dalam waktu dekat di MotoGP.

“Pada 2022, VR46 Team akan menjalani debut di kelas MotoGP bersama Tanal Entertainment Sport & Media dengan Saudi Aramco sebagai sponsor utama baru untuk periode 2022-2026: ARAMCO Racing Team VR46 akan turun lintasan didukung oleh sponsor-sponsor dunia penting lainnya.

“Saudi Aramco, perusahaan yang sudah terlibat sangat dalam dunia balap, termasuk Formula 1, akan masuk ke Kejuaraan Dunia MotoGP 2021 lewat VR46 Team.”

Namun tragedi mulai terjadi ketika pihak Aramco membantah kerjasama tersebut. Mereka mengaku belum pernah menandatangani perjanjian kerjasama apapun dengan tim VR46 atau pihak-pihak yang terafiliasi dengan MotoGP.

Dalam keterangan sebelumnya diinfokan bahwa rencana nilai kontrak dengan team MotoGP VR46 sendiri dikonfirmasi sebesar 18 juta Dollar AS per tahun dan ini hanya 6% dari total proyek yang melibatkan VR46 dimana secara umum memiliki value sebesar 300 juta Dollar per tahun.

Kerjasama itu semakin runyam, Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud memberikan beberapa klarifikasi dan janjinya mengenai rencana Tanal Entertainment menjadi tittle sponsor team; “Aramco VR46 Racing team”. Saat itu Pangeran mengatakan bahwa ” . . minggu depan, Rabu (25/08/21), akan ada konferensi resmi pemerintah di mana kami akan memberikan semua rinciannya”.

kontrak sudah ditandatangani dan minggu depan kami akan mengirimkan seluruh jumlah untuk meng-covernya” ucap sang pangeran Arab saudi.

Dan kekhawatiran semakin memuncak karena pihak dari Pangeran Abdulaziz bin Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud belum juga mentransfer sejumlah dana ke pihak VR46 sesuai tenggat waktu Rabu (25/08/21).

Dari tenggat waktu yang sudah ditentukan tersebut ternyata belum juga dikucurkan dana, disini sudah tercium jika pihak Aramco memang tidak akan menjadi bagian dari tim VR46.  Bahkan Valentino Rossi dan keluarganya, telah membuat pengacara dan akuntannya bekerja untuk memperjelas masalah perjanjian kerjasama Aramco dan tim VR46.

Dan semua terbukti, VR46 Racing Team kena tipu pangeran Arab Saudi. Berbulan-bulan tanpa kejelasan dengan Aramco, VR46 Racing Team pada 30/12/2021 akhirnya mengonfirmasi telah mencapai kesepakatan dengan Mooney. Perusahaan perbankan Italia itu bakal mensponsori tim yang kini resmi bernama Mooney VR46 Racing Team.

Tak hanya mendukung tim Rossi di MotoGP, yang akan menaungi Luca Marini dan Marco Bezzecchi, Mooney juga akan mendukung skuad VR46 yang ada di Moto2, yang bakal menaungi Celestino Vietti dan Niccolo Antonelli.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini