ARIPITSTOP.COM – Belum ada kejelasan perihal kondisi tulang Humerus yang patah akibat kecelakaan di balapan seri perdana MotoGP 2020, Marquez dikabarkan akan menjalani operasi ketiga dan dirinya terancam aka kembali absen balapan di musim 2021, gosip panas datang yang sungguh mengagetkan ketika kabar burung tersebut menyebutkan Dovizioso akan menggantikan Marquez untuk satu musim kedepan.

Kabar buruk kembali menimpa Marc Marquez perihal cidera patah tulang humerusnya. Setelah dipastikan akan absen hingga akhir kompetisi MotoGP 2020, Marquez terancam kembali akan absen hingga awal musim depan.

Dilansir dari The-Race, Marquez berpotensi akan melakukan operasi ketiga terhadap lengan kanan akan menjadi nyata meski sebelumnya mendapat bantahan dari Honda. Jika benar terjadi akan dilakukan operasi ketiga, maka Marquez harus merelakan balapan terutama sampai pertengahan musim 2021.

Operasi pertama dilakukan Marquez pada dua hari setelah mengalami kecelakan di seri pembuka MootGP 2020 tepatnya tanggal 21 Juli di Barcelona. Kemudian operasi kedua terjadi pada awal Agustus untuk mengganti plat yang menstabilkan struktur tulang humerus kanannya yang tak terduga platnya patah. Operasi pemasangan plat sebanyak dua kali tersebut diyakini telah memengaruhi struktur tulang Marquez.

Proses penyembuhan tangan Marquez ini banyak pihak yang menilai sangat lambat. Jika akan kembali ke meja operasi maka proses penyembuhan akan dimulai dari Nol lagi.

Marquez dikabarkan terus berkonsultasi dengan Spesialis Traumatologi MotoGP dari Universitari Dexeus Barcelona, dr. Xavier Mir, Marquez juga berkonsultasi dengan beberapa spesialis ortopedi di Austria, kemungkinan besar di Red Bull Training Center di Thalgau, begitu juga dengan US Mayo Clinic, pusat rehabilitasi untuk cidera sejenis.

“Humerus secara biomekanik sangat tertekan dalam rotasi dan pembalap motor sangat rentan mengalaminya,” ujar ahli medis Prof. Giusepee Porcellini, dikutip dari Corsedimoto.

“Pembedahan ganda mungkin telah memperlambat pembentukan kalus (tulang baru di sekitar fraktur) untuk penyembuhan tulang humerus,” imbuhnya.

Marquez kabarnya akan kembali naik ke meja bedah untuk cangkok tulang. Jika Marquez harus melakoni cangkok tulang, maka masa pemulihannya bisa semakin panjang. Proses pemulihan cedera Marquez terancam kembali dimulai dari nol.

Diperkirakan bahwa Marquez akan memerlukan waktu selama enam bulan untuk masa pemulihan setelah operasi cangkok tulang. Marquez setidaknya harus membatasi pergerakan lengannya selama tiga bulan sebelum memulai masa rehabilitasi dan fisioterapi yang panjang.

Jika benar masuk ke meja operasi dan melihat musim 2021 akan dimulai kurang dari lima bulan, tidak ada jaminan bahwa Marquez akan tampil sejak seri perdana pada MotoGP 2021.

Untuk itu, pihak HRC dikabarkan sudah membuat beberapa skenario. Cal Crutchlow yang konon sudah ditawari HRC untuk menjadi pembalap paruh musim, namun pembalap inggris ini menolak karena dikabarkan sudah tanda tangan kontrak sebagai test rider Yamaha.

Kemungkinan absennya Marquez sepanjang 2021 mendatang juga kabarnya menjadi penyebab utama keputusan Dovizioso menolak semua tawaran menjadi test rider pabrikan mana pun di MotoGP, dengan dalih ingin vakum dari kompetisi selama setahun.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini