ARIPITSTOP.COM – Yamaha merilis ebuah motor entry level terbaru mereka dengan label FreeGo 125 yang terbagi menjadi tiga varian tipe yaitu FreeGo Standar, FreeGo S dan FreeGo S ABS. Tidak butuh lama setelah sesi perilisan yang digelar di IMOS awal bulan ini, Yamaha kemudian menggelar test ride matic entry level tertinggi di di kawasan sirkuit Sentul tepatnya di area parkiran karena untuk trek digunakan juga untuk test New R25.

Yamaha memberikan kesempatan test ride FreeGo S ABS untuk para blogger, vlogger dan awak media, jadi dalam kesempatan test ride tersebut bisa merasakan kinerja rem ABS yang terpasang pada matic berkapasitas 125 cc.

Ok, langsung naik duduk diatas jok FreeGo yang desainnya hampir mirip Yamaha Lexi, bentuknya melebar tapi tidak setinggi Lexi. Yang saya rasakan kok joknya agak keras ya…

Putar Smart key System alia skeyless ke posisi ON, dan langsung terlihat panel meter yang terlihat kotak imut mungil namun tetap jelas ketika diajak riding. Speedometer yang sudah full digital ini memang terlihat simpel, berbentuk kotak kecil dan untuk tombol select hanya bisa melihat kondisi Odometer, Trip dan Indikator tegangan batery, kemudian disisi paling kanan terdapat ECO berbentuk 6 bar. Lalu di kotak sebelah kiri ada indikator bensin, yap… tangki FreeGo berkapasitas 4,2 Liter.

Ada juga indikator lampu sein, injeksi, indikator SSS, ada juga indikator ABS karena yang saya naiki ini tipe FreeGo S ABS. Kalau saya bilang panel meternya imut imut tapi masih informatif kok…

ERGONOMI

Dengan tinggi badan 173 cm dan bobot 72 kg, naik motor FreeGo yang memiliki ketinggian jok 778 mm ternyata agak jinjit namun tetap bisa mengendalikan motor tetap stabil ketika motor berhenti. Sebenarnya motor ini agak pendek tetapi akibat jok yang melebar jadi posisi duduk jadi melebar atau ngangkang dikit ketika naik dalam kondisi motor berhenti, tapi ketika sedang riding posisi duduknya tetap nyaman.

Lihat posisi tangan, terlihat nyantai karena motor matic ini memang tidak terlalu panjang dan dimensinya itu masih Indonesia banget.

Kemudian kita lihat dari samping, lihat posisi kakinya, agak jinjit ternyata tapi tetap nyaman ketika motor ini berhenti dan didudukin. Kemudian kita lihat posisi dek bawah. Kaki terlihat dengan jelas masih leluasa, bahkan kalau bosen, posisi kaki bisa bertumpu di fottstep belakang.

 Dan di area dek depan ternyata masih luas banget, jarak posisi dengkul kaki dengan dek depan masih jauh begitu juga dengan area dek bawah, kaki masih bisa maju mundur cantiiik. Ketika diajak bermanuver pun motor kondisi stang, jarak gerak bebas area stang masih ajak diajak meliak-liuk…

MESIN DAN PERFORMA

Sekarang lanjut starter motor, untuk tipe FreeGo S ABS ini hanya tersedia starter elektrik saja tidak terdapat engkol seperti yang ada di FreeGo standar. Jreng jreng jreng… asli motor ini halus, meski identik dengan mesin Blue Core milik Mio M3 namun yang saya rasakan mesin yang memakai kapasitas 125 cc halus getarannya. Lanjut bejek gas…

tuch kan… mesinnya memang halus dan saya tidak merasakan getaran awal di area bodi seperti getaran awal yang ada di motor Lexi atau bahasa teknisnya adalah judder yang biasanya terjadi akibat gesekan kampas koping dengan rumah kopling kurang sempurna.

Lanjut meliak liuk di area parkir sirkuit sentul, waduh… aspalnya berkerikil agak ngeri juga buat ngepot-ngepot rasanya deg-deg ser… hajar saja lah… bukan motor saya ini, kalau jatuh lecet lecet tinggal pergi aja nggak akan ganti rugi, wkwkwkwkwkwk…

Performa awal alias akslerasi ternyata nampol juga ni motor, mungkin karena tidak memakai VVA, sehingga ketika sudah dapat kecepatan 70 km/jam serasa agak ngedet dikit tapi sayangnya disini tidak bisa gas pol karena test ride yang sangat terbatas.

Meliauk liuk dengan ban diameter 12 inci ternyata tetap nyaman, meski pakai ban 12 inci namun rasanya tetap saja seperti matic memakai ban 14 inci. Mungkin ini terjadi karena dari kondisi pemilihan ban yang berukuran gambot dan tinggi. FreeGo ini memakai velg dengan diameter 12 inc, kemudia untuk ban depan memakai ukuran 100/90 – 12 dan ban belakang 110/90-12. Terlihat gambotnya kan…

Meskipun awalnya agak ragu2 akibat kondisi aspal yang banyak kerikilnya tapi tetap diberanikan untuk menjajal rem ABS di motor matic 125 cc. Ada trek lurus yang panjangnya sekitar 100 meter saya mencoba untuk lari sampai 70 km/jam lalu mengerem mendadak memakai rem depan, dan ternyata rasa ABSnya tidak main2, akan tetapi yang saya rasakan agak berbeda dibandingkan ABS untuk motor sport.

Ketika direm mendadak, akan keluar getaran pada posisi depan akibat kinerja dari ABS, akan tetapi kondisi getaran dari fungsi ABS terasa agak lembut, tidak seperti di ABS motor sport yang cenderung terasa banget loncat2nya, di matic FreeGo ini agak smoth.

Overal, motor ini memang nyaman untuk sekelas motor entry level dan jika melihat fiturnya sich justru ini lebih dari sekedar motor entry level. Pemakain ban 12 inci dengan ukuran ban gambot membuat manuver tetap serasa seperti naik motor matic memakai ban 14 inci. Fitur pengereman single channel menjadi alternatif buat para biker yang ingin lebih safety.

22 KOMENTAR

  1. getarannya bener2 lebih halus dari Lexi Mas?Ane make Lexi, lama2 kerasa getarannya, halus sih tapi bisa bkin kesemutan juga. Apa tuker tambah aja kali ya? Mayan kan 22,5 jt udah dapet ABS, Keyless, bagasi gede, ngisi bensin ga perlu turun (eh…kyknya ttp turun deh cuz seringnya di kerang) dan ban lebar….sangar kan….hehehe

      • Kira2 apa ya penyebabnya? Kalo dari mesin dan area cvt, kayaknya ngga juga ya cuz ane coba produk tetangganya juga begitu, ada getaran dari mesin dan cvt tapi setidaknya getaran tidak sampai ke tangan. Cuma ya kalo punya tetangga, gredeg2 pas awalnya berasa bgt di kaki, walaupun yang terbaru sih udah agak berkurang.

        Atau ada sesuatu yang beda di area kemudi? Maksudnya di tetangga ada tapi di Yamaha ngga ada dan itu yang bikin getarannya terasa mpe ke tangan (ya walaupun cuma dikit sih)

        • biasanya seal bagian puli cvt bocor jadi si greas lumer keluar kena kampas kopling.. jadi deh geredek.. di vario juga sma… itu yg sya alamin di nmax kerasanya udah sekitaran 20ribuan km..

        • kalau menurut ay yang awam ya dari sisi balancingnya (keseimbangan) sektor mesin (termasuk CVT dkk-nya) sih mang, maksudnya, kalau sebelah sama geter tapi kemudian ilang karena imbang dan mampu diredam sangat baik, di Yamaha belum sampe situ.. amat disayangkan sih emang.

          Kalau karakternya sebelah, begitu udah ratusan-ribuan KM pasti CVT nya gredek di awal, misal stop n go. Lepas itu ya halus lagi. Diservis ilang tar muncul lagi. Hal yang gak ditemuin di Yamaha.

          Tebalik gitu ya wkwkwk..

          Cuma kalau sebelah, ganti per cvt atau kanvas relining, langsung ilang, kalau Yamaha ini gak bisa digituin, pasalnya udah di jeroan mesin, imo ye.

          • Nah bener Mangko (minjem panggilan sayangnya si Sidiq ya…hehhe). Ane coba nempelin kaki kiri ke CVT saat berjalan (posisi ane sebagai bocengger), mau Yamaha atau sebelah, juga sama geter. Tapi sebelah selangkah lebih baik karena geter itu bisa diredam dengan baik sehingga ketika kaki ane di footstep bocengger, ngga kerasa. Ane sebagai rider pun juga tak merasa getar di tangan. Nah bener lagi, sayang bgt Yamaha belum sampai seperti itu. Ya sebenernya halus sih tapi kalo yang peka, kerasa getaran halus yang lama2 bikin kesemutan. Berarti kan ada sesuatu yang menjadi peredam dan sangat berfungsi dengan baik di sebelah tapi tidak di Yamaha.

            Nah bener lagi Mangko, sebelah sudah ketauan penyebab dan solusinya walaupun untuk ngobatinnya ya agak susah kalo di BERES. Paling aman kudu ke bengkel umum yang udah paham bener. Eh…apa di BERES juga udah bisa dan mau ya? Di daerah ane masih pada belum bisa dan mau.

            Kalo Yamaha, harus tau penyebab utamanya ada di mana. Sudah pasang jalu yang dari besi pun juga masih berasa getarannya ya walaupun memang sudah berkurang sih tapi kalo dibandingkan dengan sebelah, jelas masih belum bisa menandingi. Kayaknya Yamaha kudu cari tau penyebabnya deh karena bisa jadi ini salah satu penyebab penjualan mereka seret(ya walaupun masih ada sih sektor lainnya semacam desain dan kekuatan brand image)

      • ane punya beat udah setahun tangan kesemutan juga, makin kencang makin getar. vario sama juga. pakai 6 bulan udah getar. service cvt berkurang tapi tetap getar. gak seperti waktu baru beli.
        ane punya lexi 1000km baru terasa getar dikitiran 20-35km/jam, diatas itu halus. nmax dari awal beli udah getar tipis dikitiran 0-20km/jam tapi getarannya gak nambah walau udah 12rb km. mungkin body nmax lebih bisa meredam getaran karena gede.
        tapi gak ada yg mengalahkan getaran vespa lx. dari awal ane beli udah getar keras di stang.

        • ga ada motor yg ga getar
          problemnya cuma seberapa keras
          menurut gw getaran lexi termasuk yg paling halus di matic yamaha
          getaran di 30kpj termasuk halus menurut gw. masih lebih berasa vario lawas gw dari lexi
          katanya freego getarannya lebih halus dari lexi
          bikin penasaran

  2. G HOnda g yamaha emang matic cc besarny kurang bagus CVT ny……. contoh beat g pernah ada gredek cvt, tp d vario ada….d mio m3 jg g ada gredek CVT, d nmax.lexy.aerox ada…gimana ya????

    tp masalah tsb jadi rejeki bagi tukang oprek cvt yg bisa ngilangin getar/gredek..hehe

  3. Aerox ane udah hampir satu setengah tahun, baru kerasa banged gredeg-nya. Ane ganti rollernya pake punya Kawahara (racing), langsung hilang tu. cuma mang pas masuk ke 80kmpj agak kerasa sedikit kasar. Lepas itu geber wuusss 90-110 cepet banged. Ya begitulah, No Product Perfect.

  4. Sebenarnya minat juga sama niy motor buat ganti SoulGT di rumah. Tapi anak-anak ogah pada naik motor matic-mini. Maunya matic maxi aja (Karena pada biasa bawa Aerox) . Ditawarin Lexi dan PCX pada gak mau. Kepaksa nunggu New NMax.

  5. Tambah ramai warung mas ari top dech.saya nyimak aja sebagai penduduk kampung dengan jalan pegunungan lebih suka produk manual dari pada matic sebab turun gunung ngeri klo cuma ngandalin rem lebih nyaman pakai engine brake

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini