Oli sudah menjadi kebutuhan pokok buat motor kita, telat ganti oli atau tidak sesuai ganti oli maka performa bahkan sparepart yang terlumasi oleh oli bisa cepat aus atau rusak. Saat ini sudah banyak banget berbagai pilihan tipe oli untuk motor kita, contohnya saja untuk motor matic sekarang sudah ada khusus oli mesin untuk motor matic karena ternyata kebutuhan motor matic dengan motor manual berbeda.

Motor matic lebih banyak letak mesinnya di dalam cover body atau dibawah jok motor sehingga suhu mesin motor matic lebih cepat panas, berbeda dengan motor sport atau motor bebek yang posisi mesinnya lebih mudah tertempa angin, jadi mesin motor matic itu seperti mesin yang dibungkus oleh karena itu butuh oli mesin yang mempunyai daya pendinginan lebih cepat dan mampu menjaga suhu mesin lebih stabil.

Yap… untuk memilih oli mesin kita cara utama yang paling mudah adalah melihat jenis JASO, untuk motor kopling kopling lebih tepatnya memakai jenis JASO MA sedangkan untuk motor matic memakai JASO MB, masing2 tipe JASO MA dan MB memiliki karakter berbeda, next kita akan bahas secara detail JASO MA dan JASO MB yang merupakan standarisasi yang dikeluarkan oleh Japanese Automotive Standards Organization terkait jenis oli terkait di mana saja bagian mesin yang boleh dilumasi oleh oli tersebut.

Kali ini saya mencoba oli mesin dari Motul, motor Mio tahun 2005 ini menjadi motor paling saya sayangi, kenapa ? motor ini merupakan motor pertama kali yang saya beli pakai uang saya sendiri. Makanya saya mesti memakai oli special juga, hehehehe… saya mencoba tanya ke beberapa rekan mekanik dan biker dan sebagian besar mereka menyarankan lebih ke oli Motul. Yap, kebetulan cari oli Motul mudah… di perumahan saya saja ada yang jual, saya tebus Motul Scooter LE cuma 75ribu, untuk soal harga kemungkinan beda wilayah akan beda harga ya… saya beli di daerah jonggol kabupaten bogor.

Empat hari yang lalu tepatnya jumat pagi 27 januari 2017 saya ganti oli motor ini, kenapa mesti pagi hari ? oli di dalam mesin sudah mengendap setelah semalaman didiamkan jadi oli yang keluar saat kita tap akan lebih maksimal, gitu bro… jadi kalau ganti oli lebih baik sebelum motor dipanaskan ya…

Setelah selsai ganti dan tuang oli Motul Scooter LE ini nggak perlu lama motor langsung saya panaskan kira 5 menit dech. Pakai riidng gear menuju cibubur ada sesuatu yang mau dibeli disana, begitu naik motor… perbedaan sudah mulai terasa bro. Getaran mesin lebih halus, kalau dari getaran mesin halus seperti ini naik motor biasanya jadi lebih nyaman.

Tarik gas awal, efek akslerasi belum terasa namun kira2 setelah jalan sekitar 1km baru dech terasa banget perbedaan akslerasinya, gas disenggol dikit kok motor ngacir nich, bahkan akslerasinya nyaman buat goyang pinggul, hahahaha…

Performa motor di rpm menengah terasa lebih terasa banget nampolnya, di sepanjang perjalanan lebih banyak motor berjalan dalam kondisi rpm menengah, rata cuma 60-70 kpj saja karena kondisi jalanan yang ramai. Kondisi jalanan ramai motor ini enak banget buat selap selip goyang gombret. Nach, biasanya motor matic itu dibagian jok belakang akan terasa panas karena hawa panas yang dikeluarkan mesin akan terdorong ke belakang. Ketika memakai oli Motul Scooter LE ini memang terasa beda kok bro… masih terasa panas namun tak terasa panas seperti biasanya.

Pulang dari cibubur menuju rumah, masuk perumahan citra indah, duh… pengen banget ni geber motor, jangan salah persepsi dulu ya… di perumahan bisa kebut karena cluster yang saya tempati berada di paling ujung dan sekelingnya masih berupa sawah, masih bisa lah buat kecepatan 100kpj, jalanan lurus sekitar 500meter kanan kiri lahan kosong plus jalanan lebar. Nyobain dech putaran atas seperti apa ?, dari kecepatan 0 hingga 60 kpj akslerasi enak banget, cepat naiknya… maklum motor tua sudah 12 tahun, namun pemakaian oli Motul ini memang terasa bedanya, kecepatan menengah sampai atas lebih mudah diraih bahkan jarum speedo nyentuh 100kpj, duch serem ach… langsung turunin gas.

Kesimpulannya, setelah riding 4 hari menggunakan Motul Scooter LE dengan spek SAE 10W30, JASO MB dan API SJ ini memang cocok, sudah 100km saya pakai dan recomended dech…

14 KOMENTAR

  1. Yg dicoba motor tahun 2015 hasilnya… Maklum motor tua uda 12 tahun??? Yg bener motor 2005 kali, lagian motor 2 tahun mah masih muda. Btw foto seperti mio sporty tp 2005 apa 2008 kok warnanya kaya mio sporty biru 2009/10

    Intinya iklan gitu aja kali ya…

  2. lek, mau tanya. kebetulan gw kan bawa matic yg pake oli 1 liter. Karena bengkel yg jual Enduro Matic 1L cukup jauh, ane suka iseng nanya bengkel sembarang aja yg deket. Ternyata memang ga punya, tapi yg aneh rata2 bengkel2 kecil itu pada nawarin pake oli sport aja juga bisa. Nah itu gimana lek? apa emang bisa oli sport buat matic?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini