renderan r15

Yap, sekitar 3 hari tanpa artikel di aripitstop.com, ternyata yang bisa mengehentikan untuk tidak ngetik ketika sakit bro… gejala tipes… badan jadi lemes banget, mau buka HP saja males banget apalagi sampai bikin artikel. Alhamdulilah sekarang sudah mulai enteng dan semoga bisa update lagi. Info yang saya kutip dari tmcblog sebenarnya saya juga sudah dengar info ini sudah cukup lama namun mungkin ini info penguatan akan kebenaran bahwa next R15 dan vixion nantinya akan memakai teknologi VVA yang sudah berhasil disematkan di Yamaha Nmax.

Sering sekali pada bertanya apakah generasi mesin vixion akan menerapkan noken as ganda alias DOHC ?, sepengatuan saya sampai saat ini bahkan kemarin ada seorang blogger yang bertanya kepada saya ”apakah yamaha akan memasang DOHC di motor vixion ?”, sesuai pengetahuan saya bahwa Yamaha masih pede dengan tekonologi SOHC untuk kelas motor 150cc, karena untuk motor kelas nanggung seperti vixion diyakini justru akan lebih efektif memakai SOHC baik itu dari soal performa maupun konsumsi BBM dan itupun dibuktikan dengan kondisi sekarang dimana head to head dengan sang kompetitor yang sudah menggunakan mesin DOHC hanya selisih sedikit saja baik itu power maupun konsumsi BBM.

Inovasilah yang mungkin akan diterapkan di vixion dan R15 nantinya mungkin bisa jadi di MX King yang nota bene memakai mesin yang sama yaitu berinovasi motor sport memakai VVA (Variable Valve Actuation . Bahkan kapasitas mesin juga akan naik menjadi 155cc. Yamaha NMAX adalah motor matic pertama yang memakai VVA, fungsi dari VVA adalah untuk menjaga tenaga dan torsi maksimum pada semua putaran mesin, termasuk di titik kritikal 6000 rpm saat tenaga dan torsi cenderung turun. Teknologi VVA bekerja pada head cylinder dimana terdapat dua jenis cam yaitu low speed cam dan high speed cam yang mendukung kinerja VVA sehingga tenaga dan torsi maksimum pada setiap putaran.

Ketika motor dibawah 6.000 rpm maka profil cam yang bekerja adalah Low RPM, profil cam Low RPM sama saja dengan motor matic lainnya. Pada saatIn Low RPM yang bekerja maka sistem kinerja VVA belum berfungsi. Bisa dilihat dari gambar dibawah ini ketika In low RPM bekerja, Profil In High RPM masih menggantung tidak berfungsi. Dengan kondisi ini maka asupan bahan bakar juga sedikit dan pastinya akan lebih irit konsumsi bahan bakarnya.

Bisa dilihat dari gambar dibawah ini ketika Pin & Spring compression bekerja menonjok pin pengunci dan menghubungkan In High RPM dengan In Low RPM. Ketika In High RPM bekerja maka In Low RPM akan menggantung dikarenakan profil camshaft In Low RPM lebih rendah dari In High RPM. Ketika In High RPM bekerja maka kedua klep Intake akan membuka lebih awal dan menutup akan lebih akhir jadi durasi klep membuka lebih besar, kalau durasi lebih besar artinya bahan bakar akan lebih banyak yang masuk dan inilah yang membuat power motor menjadi nampol diputaran atas, bisa dilihat dari grafik diatas yang menunjukkan ketika VVA bekerja maka akslerasi motor tetap bertahan naik hingga limit.

Berikut video ketika VVA bekerja :

25 KOMENTAR

  1. persis v tec, atau mivec dan sejenisnya intinya pake sistem 2 profil cam untuk rpm bawah ama atas.. jelas efektif klo begini drpd dohc ttp g bakal menggantikan peran 2 profil cam ini.. krna cam pada intinya punya 2 karakter, nendang bawah pasti loyo atas, nendang atas pasti loyo bawah. dengan adanya tekno ini mesin bisa bertrnaga di rpm bawah ama atas. bisa2 aja mereka pasang.. namun apakah dengan pasang sudah pasti menjadi laku maksimal.. dan saat mereka pasang vva, honda jelas tidak pernah tinggal diam.. perang fitur terus sampe kiamat, konsumen yg untung dah.. lama2 pake turbo bisa2

  2. Jika Vixion dan R15 akan pake SOHC+VVA… maka benarlah yang ditulis Mario, kalau nanti bakalan ada All New Sport Yamaha 150cc bermesin DOHC. Mungkin akan dinamai Yamaha V-15 aka Yamaha Viver. Ini jurus sandwich ala Yamaha.

    Analisa gue, kenapa YIMM pertahanin mesin SOHC? Ini buat mengolok-olok DOHC-nya AHM. Teknologi DOHC NearSquare (DOHC rasa SOHC) loe ternyata 12-12 dengan SOHC+VVA gue. Kalo konsumen mau motor sport 150cc DOHC yang beneran (overbore), nih gue siapin Yamaha V15 !!!

    • Ngomong apa sih mas ? Dongeng? Vixion tuh msih pakai mesin jadul Sohc cuma fuel injection aja yg baru. . Siapa bilang dohc honda sama dengan sohc 11 12 ? Belajar lagi tong. gw ud berkali” w asepin new vixion advance ma old cb gw. Jauhhhh! . Joss

  3. di mesin mobil aja, honda masih pakai SOCH tapi di modifikasi….dan laku dipasaran….disini lebih adem yah komennya. Dan lebih berilmu, dibanding blog punya iwan dan taufik ha3x….banyak sales motor

  4. Dohc vs Sohc bukan karna Sohc cukup buat Yamaha, tp ini masalah perkembangan teknologi, Honda sudah mengikuti jejak SUZUKI Yamaha sampai kapan mau bertahan dengan SOHC purbakalanya .. yamaha selalu menambah cc motornya buat naikin power.. tiger2000 dengan 200cc nya Yamaha bikin Scorpio 225, Shogun dengan 125cc power ajib, buat ngimbangi power Shogun bikin MX135, ngga berani head to head sama kompetitor.. begitupun di bebek 110cc tetangga, yamha bikin 115cc. Ckckckk

  5. Heran, kan r15 vixion dll udah 4 klep? Otomatis dari putaran bawah klep udah bekerja empat empatnya? Sedangkan nmax memang 4 klep tapi 2 klepnya lagi kan baru bekerja di atas 6000 rpm. Jadi gunanya nmax dibawah 6000 rpm miskin bensin berguna jadi motor irit sekaligus lebih lemot. Klo r15 kan udh 4 klep dr sononya. Pencerahan bro!

  6. bukan gitu gan

    ke empat2 nya tetep aktif terus, bedanya di profil Camshaft nya (Durasim, Lift, LSA, Dll

    Di VVA/VVT Profil Camshaft nya ada 2 (1 kurus + 1 Gemuk)

    kurus buat RPM bawah
    Gemuk buat RPM atas

    Camshaft semakin gemuk, bawah nya semakin loyo/lemot, atas nya semakin ngisi

    Camshaft semakin kurus bawahnya ngisi, RPM atas nya loyo/lemot (kebalikannya)

    kurang lebih mirip kayak superkips, irit dapet, tenaga dapet

    • Beberapa kali had to had sma vixi dan bysn power atas bisa di asepin sma motor yg di cap gagal, honda cs1 :v
      Itu motor siluman kali yaaa 😀
      Monggu user vixi sma bysn, di jajal 😀
      Ane aja engap ngejar ntu motor

  7. vvti sama vtec beda sistem. yang mirip vva ya vtec, kalau vvt itu cuma menggeser2 timing camshaft. jadi lift dan durasi tetap, tetapi LSA yang berubah2. karakter VVt bisa mengoptimalkan tenaga dan efisiensi, tetapi tetap lebih batik vtec/vva, karena gk hanya lsa, namun juga durasi dan liftnya berubah.
    bisa dicek, rata2 vtec lebih irit, namun lebih powerfull dibanding vvti.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini