ARIPITSTOP.COM – Semangat penjualan motor Suzuki di Indonesia terlihat terus mengendor, inovasi produk yang berhenti dengan menjualan produk asal India membuat penjualan Suzuki semakin menurun, dan melihat penjualan di thaun 2023 ini jelas banget kalau Suzuki hanya menjual sebanyak 12 ribuan unit saja.

Dilansir dari uzone.id, Zulfikar Rafi Al Ghany selaku Head of Public Relations Strategic Planning Department PT SIS mengatakan, perusahaannya saat ini sedang gencar mempromosikan produk motornya dengan desain ringkas dan lebih rendah emisi.

“Penjualan ritel roda dua Suzuki pada 2023 secara keseluruhan ditutup dengan 12.545 unit,” ujar Ghany di Jakarta, Selasa (23/1).

Ghany menyebutkan konsumen motor Suzuki tengah mengalami perubahan tren. Penjualan di 2023 kemarin mencerminkan motor skutik mulai mendominasi penjualan di Suzuki.

“Kami melihat ada satu yang menarik, ternyata untuk konsumen sepeda motor Suzuki di tahun 2023 itu mengalami shifting atau pergeseran tren. Penjualan ritel sepeda motor didominasi oleh bertransmisi otomatis atau skutik di mana mendominasi 61 persen dari total penjualan sepanjang tahun lalu,” ucap Ghany.

“Dan dari seluruh penjualan motor matic Suzuki itu mendukung produk yang ramah lingkungan karena konsistensi penyediaan mesin yang compact ada di kategori 115 cc dan 125 cc. Hal itu juga dipadukan Suzuki Eco Performance dan rancang bangung dengan rangka yang ringan namun kokoh,” jelasnya.

Hasil penjualan Suzuki di Indonesia hanya 12.545 unit, jika melihat data dari Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI) hasil penjualan motor semua merk di Indonesia sepanjang tahun 2023 sebesar 6.236.992 unit. Artinya Suzuki hanya meraih pangsa pasar sebesar 0,2 persen saja.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini