ARIPITSTOP.COM – Hero Motocorp adalah produsen sepeda motor terkemuka dari India. telah memanfaatkan ruang di EICMA 2023 sebagai panggung peluncuran produk baru seperti Hero XOOM 160, produk grup skutik ADV yang unik dari segi desain, fitur, dan spek mesin modern.

Masih tahu sejarahnya Hero Corp di India?, iya dulu adalah ATPMnya Honda di India yang sekarang sudah resmi berpisah dengan Honda sejak 2011 silam dan mendirikan pabrik lokal sendiri di India. Jadi, pabrikan Hero sekarang sudah tidak terikat lagi dengan Honda di Jepang, mereka sudah menjelma menjadi pabrikan lokal yang besar yang menguasai penjualan motor di India.

Ok, balik lagi ke Hero Xoom 160, kalau melihat desainnya motor ini bagian depan ala-ala motor Adventure Eropa. Bagian depan didesain tajam, meruncing. Kalau melihat fiturnya justru motor ini mirip2 dengan Honda ADV160. Rem depan cakram sudah ABS, tapi rem belakang masih tromol. Adjustable wndscreen, lampu sein depan terpisah. groud clearance tinggi.

Tak ketinggalan motor ini juga ada fitur idling ISS yang mereka namai i3S, motor ini juga memakai starter yang senyap layaknya ADV160, dan bagian kunci juga sudah smartkey system. Tapi… Hero Xoom 160 ini memiliki fitur yang tidak dimiliki ADV160 yaitu bisa terkoneksi dengan smartphone lewat aplikasi.

Bagian mesin, motor ini kapasitas mesinnya 156 cc, menggunakan mesin 1 silinder 4 tak SOHC berpendingin cairan. Menghasilkan tenaga maksimal sebesar 14 tenaga kuda (BHP) pada 8.000 rpm dan torsi maksimal 13,7 Nm pada 6.500 rpm. Tenaga disalurkan melalui transmisi otomatis CVT.

Harga jual resminya belum terungkap. Namun sudah diumumkan akan diluncurkan dan dijual di India pada awal tahun 2024. Kemungkinan besar Hero Xoom 160 akan mewakili pabrikan di negara tersebut untuk melawan masuknya ADV160 yang sedang dipersiapkan Honda India namun versi CBU.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini