ARIPITSTOP.COM – Penantian selama 6 tahun setelah terjun di kelas MotoGP, akhirnya Johann Zarco meraih kemenangan pertamanya. Sebuah kemenangan yang dramatis karena 4 pembalap berebut posisi pertama di lap-lap akhir MotoGP Australia di Sirkuit Phillip Island pada Sabtu (21/10/2023).

Balapan Main Race terpaksa dipindah di hari sabtu sedangkan Sprint Race tetap digelar hari Minggu karena prediksi cuaca buruk pada hari Minggu. Jorge Martin langsung memimpin balapan, diikuti Brad Binder, Pecco Bagnaia, Jack Miller, dan Fabio di Giannantonio. Miller pun kemudian merebut posisi 3 dari Bagnaia pada lap pembuka, meski Bagnaia langsung membalas pada lap berikutnya.

Marc Marquez langsung naik satu tingkat untuk menduduki urutan keenam sejak lap pertama. Persaingan memanas ketika Jack Miller menyalip Bagnaia untuk naik urutan ketiga meski tak bertahan lama.

Penampilan agresif ditunjukkan pembalap asal Gresini Racing, Fabio Di Giannantonio untuk menggusur Bagnaia dari urutan ketiga.

Lap 3, Miller kemudian terus melorot, disalip oleh Giannantonio dan Marc Marquez, sementara Zarco membuntuti di posisi 8. Giannantonio kemudian menyalip Bagnaia dan merebut posisi 3, sementara itu Zarco menyalip Miller dan Marquez untuk naik ke posisi 5.

Lap 9, Jarak Martin dengan Binder semakin jauh saat balapan. Martin masih belum tersentuh dengan masih nyaman menduduki urutan pertama dengan gap sampai 2,1 detik.

Balapan sudah 14 lap, Di giantonio berhasil menyusul Binder saat adu cepat di mainstraight Phillip Island. Martin masih nyaman di urutan pertama dengan memperlebar gap dengan Di Giannantonio menjadi 3,2 detik.

Lap 20, Zarco semakin memanas, Lap 22, yakni ketiga Zarco menyalip Bagnaia untuk merebut posisi 4. Di lain sisi, Martin yang bertaruh dengan memakai ban belakang lunak mulai menuai konsekuensinya, lapmtienya semakin menurun.

Sempat berada di urutan kedua, Di Giannantonio mendapatkan manuver agresif dari Bagnaia yang membuatnya terlempar di posisi keempat. Zarco, Bagnaia dan Binder saling menebar ancaman untuk berebut posisi kedua, bahkan mengancam Jorge Martin yang mulai lambat akibat ban depan memakai ban shoft.

Lap 25, Zarco menyalip Giannantonio untuk merebut posisi 3, dan lalu menyalip Binder pada

Lap 26, Lap terakhri yang menegangkan, Manuver Bagnaia mencoba menyalip Zarco, namun Jorge Martin yang justru jadi terlempar ke posisi 4. Tapi Zarco meraih kesempatan untuk leading dan finsih terdepan disusul Bagnaia dan Di Giantonio.

Hasil balapan MotoGP Australia 2023:

  1. Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati
  2. Pecco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
  3. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
  4. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  5. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
  6. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  7. Jack Miller – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  8. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
  9. Alex Marquez – Gresini Racing – Ducati
  10. Enea Bastianini – Ducati Lenovo Team – Ducati
  11. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia
  12. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  13. Miguel Oliveira – CryptoDATA RNF – Aprilia
  14. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  15. Marc Marquez – Repsol Honda – Honda
  16. Raul Fernandez – CryptoDATA RNF – Aprilia
  17. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  18. Pol Espargaro – GASGAS Factory Racing Tech 3 – GASGAS
  19. Takaaki Nakagami – LCR Honda Idemitsu – Honda

Gagal finis:
Augusto Fernandez – GASGAS Factory Racing Tech 3 – GASGAS
Joan Mir – Repsol Honda – Honda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini