ARIPITSTOP.COM – Pengujian tes konsumsi BBM kali memang lain daripada yang lain alias daripada sebelumnya yang selalu memakai BBM jenis Pertamax dan memakai metode can how you far go, kini saya memakai metode full to full untuk pertama kalinya. Kenapa memakai BBM Shell Super?, karena banyak pembaca dan follower yang penasaran dengan performa BBM milik Swasta yang sekarang menjadi salah satu favorit karena harganya sudah tidak jauh beda dengan BBM milik Pertamina.

Yap, sekarang memakai metode full to full karena waktu yang tidak memungkinkan untuk pengetesan metode seberapa jauh motor bisa berjalan menggunakan BBM satu liter. Metode full to full kali ini justru menurut saya lebih merujuk pada pemakaian keseharian motor terutama di kehidupan Jabodetabek. Kenapa?, perjalanan yang ditempuh sarat dengan macet khas ibukota di jam sibuk berangkat kerja dan pulang kerja.

Perjalanan yang ditempuh dari Jonggol sampai Jati Warna (Bekasi), masuk jalan raya Jonggol-Cileungsi, kemudian jalan Alternatif Cibubur kemudian masuk ke jalan raya Hankam. Bagi yang sudah tahu area daerah jalan tersebut, pasti tahu dech gimana kemacetan saat pagi dan sore hari. Jarak tempuh dari rumah ke tempat kerja sekitar 30km, dengan area jalanan macet sekitar 5-10 km tergantung kondisi.

Pengujian tes konsumsi kali ini memakai BBM jenis Shell Super, BBM yang setiap hari saya pakai di motor PCX 150 yang menjadi tunggangan tiap hari untuk kerja. BBM jenis ini saya nilai lebih bagus dari akslerasi dan konsumsi BBM dibandingkan dengan milik plat merah.

Dengan metode full to full, hari pertama bensin di tangki diisi penuh di SPBU Shell jalan raya hankam. Speedometer direset “0”.

Perjalanan yang ditempuh seperti halnya pemakaian motor sehari-hari, ketika macet ya pasrah, ketika ada jalan kosong, langsung gas… tidak ada lomba2 irit BBM.

Kemudian motor dipakai di hari kedua, mendapatkan diisi BBM Shell Super lagi di tempat yang sama.

Saat pengisian BBM yang kedua ini tetap diisi sampai full penuh, tercatat di hari kedua ini diisi sebanyak 2,35 liter, dan di speedometer menunjukkan menempuh jarak 111 km.

Ok, lanjut dihitung, 111 km : 2,35 liter = 47,23 km/liter.

Hasil ini nggak jauh beda dengan average yang tertera di speedometer yang sebesar 48,2 km/liter.

Berikut video proses pengujian konsumsi BBM New Vario 125.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini