ARIPITSTOP.COM – Sebagai tuan rumah digelarnya balapan MotoGP, tidak afdol rasanya jika tidak ada pembalap tuan rumah yang ikut meramaikan kegiatan ini. Namun sayangnya tidak semua kelas terwakili karena pembalap Indonesia hanya berlaga di kelas Moto3 dan IATC, semoga pembalap Indonesia kembali mengibarkan bendera merah putih seperti pekan lalu di MotoGP Qatar.

MotoGP Mandalika sudah di depan mata. Balapan di Sirkuit Mandalika, Lombok, bakal digelar pada 18-20 Maret 2022. Sayangnya di kelas paling tertinggi, MotoGP, sama sekali tidak ada perwakilan dari Tanah Air. Satu-satunya wakil pembalap Indonesia di MotoGP Mandalika ada pada kelas Moto3. Sosok pembalapnya Mario Suryo Aji yang memperkuat Honda Team Asia.

Moto3 2022 merupakan musim debut Mario Suryo Aji turun satu tahun penuh dan ia punya keuntungan lantaran pernah mengaspal di Sirkuit Mandalika. Hal ini menjadi satu kelebihan buat dirinya untuk bisa memaksimalkan hasil yang diraihnya.

Sementara pembalap Indonesia lainnya akan berlaga di Idemitsu Asia Talent Cup. Tercatat empat rider Tanah Air binaan PT Astra Honda Motor bakal turun balapan. Mereka adalah Veda Ega Pratama, Reykat Yusuf Fadillah, Aan Riswanto, dan Muhammad Diandra Trihardika.  Khusus Veda Ega bahkan finis ketiga pada race 2 seri perdana Asia Talent Cup di Sirkuit Losail, Qatar, dua pekan lalu.

Veda Ega Pratama berhasil mengibarkan bendera Merah Putih melalui raihan podium ketiga di balapan putaran kedua seri perdana ajang balap  Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) yang dihelat di Lusail International Circuit, Qatar (5-6/03).

Menjadi pembalap termuda pada ajang balap IATC 2022 tidak menyurutkan semangat pebalap berusia 13 tahun tersebut untuk menorehkan hasil terbaik. Memulai balapan dengan start dari posisi ke 7, Veda berjuang menghadapi persaingan yang sangat kompetitif, bersaing dengan pebalap asal Jepang, Amon Odaki dan Shinya Ezawa. Pebalap asal Wonosari, Gunung Kidul tersebut tetap berusaha tampil focus dan konsisten dalam merebutkan podium, hingga akhirnya berhasil menyentuh garis finish di posisi ketiga.

“Sungguh balapan yang luar biasa. Belajar dari race pertama kemarin, saya berusaha tenang agar tetap berada di barisan terdepan. Saya sangat senang berhasil merah podium di race kedua ini. Terima kasih kepada PT Astra Honda Motor, keluarga, serta pecinta balap di Indonesia. Semoga modal podium ini menjadi awal yang baik untuk semakin motivasi saya untuk tampil lebih baik lagi di putaran berikutnya,” ujar Veda.

Senada dengan Veda, rekan satu tim lainnya Reykat Yusuf Fadilah juga menghadapi persaingan yang sengit selama balapan berlangsung.

“Persaingan sangat rapat pada balapan ini. Saya sudah mencoba menekan agar bisa berada dalam posisi yang lebih baik. Tapi usaha maksimal yang saya lakukan memang belum cukup untuk membawa saya meraih podium. Meskipun begitu, saya bisa mendapat pemahaman yang lebih baik dengan NSF250R. Saya akan berusaha lebih baik lagi di race berikutnya,” ujar Reykat.

Semoga para pembalap Indonesia meraih podium di negara sendiri akhir pekan ini.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini