ARIPITSTOP.COM – Seperti pendahulunya PCX 150 yang juga dirilis versi Hybrid, Honda Jepang juga merilis All New PCX 160 Hybrid. Motor hybrid masih jarang di Indonesia namun Honda mulai getol mengenalkan kendaraan yang lebih ramah lingkungan ini karena motor lebih bertenaga tanpa menambah asupan bahan bakar.

Ingat ya… All New Honda PCX Hybrid tetap menggunakan bahan bakat bensin sebagai tenaga utamanya, ini bukan listrik yang sering menjadi salah paham antara motor hybrid yang merupakan perpaduan tenaga antara bahan bakar bensin dengan listrik, sedangkan untuk motor listrik hanya mengandalkan tenaga dari listrik saja.

System motor Hybrid yang ada di PCX ini bekerja ketika gas dibetot secara spontan, lalu ada tambahan tenaga listrik selama beberapa detik saja sehingga power motor menjadi naik tapi asupan bahan bakar tetap normal, makanya lebih irit konsumsi bahan bakarnya. Dengan adanya teknologi Hybrid ini meningkatkan torsi sekitar 33%, mantapkan.

Jadi begini bro, batery dari PCX Hybrid ini terdiri dari dua bagian yaitu aki kering dan lithium yang diletakkan dibagian belakang bagasi di bawah jok. Makanya untuk PCX Hybrid ini kapasitas bagasi lebih kecil karena bagian jok belakang untuk menaruh Batery lithium.

PCX Hybrid di motor ini terdiri dari tiga bagian penting yaitu PDU ( Power Drive Unit), Batery Lithium dan ACG Starter.

System Hybrid di motor PCX akan bekerja hanya pada saat akslerasi secara spontan pada tarikan selongsong gas, jika selongsong gas ditarik secara pelan atau diurut maka Hybrid tidak bekerja.

Awalnya ketika sensor di selongsong gas mendeteksi ada putaran secara mendadak maka sensor akan mengirimkan sinyal menuju PDU, kemudian PDU tersebut mengirimkan sinyal batery lithium untuk menyurkan power suay ke ACG Motor. Power suplay diolah oleh ACG motor menjadi putaran untuk menambah putaran lada crankshaft kira2 selama 3 detik saja. Sehingga dihasilkan akslerasi yang lebih spontan.

Jika hybrid sudah bekerja, kemudian spull akan mengirimkan suplay setrum ke batery lithium untuk proses charging yang akan digunakan ketika proses hybrid selanjutnya.

Salah satu kelebihannya adalah sensor yang bekerja di hybrid diteruskan ke ECU agar ECU tidak menambahkan semprotan bahan bakar ke injector, sehingga meski akslerasi bertambah maka konsumsi bahan bakar akan tetap normal. Disinilah peran hybrid yang membuat konsumsi bahan bakar tetap irit.

All New Honda PCX Hybrid terlihat canggih dengan adanya mode berkendara yang disematkan pada stang sebelah kiri. Mode ini akan berfungsi saat motor assist memberikan dukungan tenaga, dimana mode ini terbagi dengan tiga mode pilihan yang memiliki fungsi masing-masing sesuai dengan kebutuhan pengendara.

  1. Untuk mode dengan huruf D merupakan drive mode dimana pengendara dapat merasakan performa bertenaga namun hemat bahan bakar (merupakan mode standar saat motor dinyalakan).
  2. Mode berkendara dengan huruf S merupakan sport mode untuk pengendara yang ingin merasakan akselerasi lebih responsif dibanding mode D.
  3. Untuk mode idling, pengendara dapat menghentikan fungsi dari fitur Idling Stop System (performa tenaga sama seperti mode D).

Lalu apakah PCX Hybrid jika kehabisan bensin akan tetap bisa nyala?, jawabannya tidak… karena hybrid di PCX hanya bekerja sebagai assistance saja alias membantu menambah putaran mesin bukan sebagai sumber tenaga.

Spesifikasi:

PCX e:HEV
Car name and model Honda 2AJ-JK06
Total length (mm) 1,935
Full width (mm) 740
Height (mm) 1,105
Axial ranging (mm) 1,315
Minimum ground height (mm) 135
Seat height (mm) 764
Vehicle weight (kg) 136
Capacity (people) 2
Fuel consumption rate*1
(km/L)
Ministry of
Land, Infrastructure, Transport and Tourism notification value: Fixed fuel economy value*2
(km/h)
55.4(60)〈2名乗車時〉
WMTC mode value
(Class)*3
51.2(クラス 1)〈1名乗車時〉
Minimum turning radius (m) 1.9
Motor Engine type and type JK06E-K1N / Water-cooled 4-stroke OHC single cylinder
Electric motor type ALTERNATING SYNCHRONOUS MOTOR
Total displacement (cm³) 124
Bore x Stroke 53.5×55.5
Compression ratio 11.5
Maximum  Power Engine 9.2KW sama dengan 12,3374 HP Pada 8,750 Rpm
Electric
Motor
1.4 KW sama dengan 1,87743 pada 3,000 Rpm
Maximum torque Engine 12  NM Pada 6,500 Rpm
Electric
Motor
4.3NM pada 3,000 Rpm
Electric motor (motor) rated output (kW) 0.36
Start method Self-operated
Fuel supply system format Electronic Type (ElectronicAlly Controlled Fuel Injector (PGM-FI)〉
Ignition device format Full transistor battery ignition
Fuel tank capacity (L) 8.1
Main battery type Lithium-ion batteries
Transmission format Stepless Transmission Type (VMatic)
Tire Ago 110/70-14M/C 50P
After 130/70-13M/C 63P
Brake type Ago Hydraulic discs
After Hydraulic discs
Suspension system Ago Telescopic type
After Unit swing type
Frame format Underbone

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini